Cari Blog Ini

Macam-macam Maa (ما)

Maa (ما) memiliki beberapa makna:
1. Maa An-Naafiyyah (ما النافية), yakni maa yang bermakna “tidak”.
Contoh:
ما عندي كتاب (Saya tidak memiliki satu kitab pun).
ما فهمت الدرس (Saya tidak memahami pelajaran itu).
ما أدري (Saya tidak tahu).
2. Maa Al-Istifhamiyyah (ما الإستفهامية) yang bermakna pertanyaan.
Contoh:
ما هذا؟ (Apa ini?).
ما اسمك؟ (Siapa namamu?).
ماذا تكتب؟ (Apa yang kamu tulis?).
3. Maa Al-Maushuulah (ما الموصولة) yaitu kata sambung.
Contoh:

آكل ما تأكل (أي الشيء الذي تأكل)
Aku makan apa yang kamu makan.
لم تقولون ما لا تفعلون؟
Mengapa engkau mengatakan apa yang tidak engkau lakukan?
قل يا أيها الكافرون. لا أعبد ما تعبدون.
Katakanlah, “Wahai orang-orang kafir, aku tidak menyembah apa yang kalian sembah.”
سنكتب ما قالوا
Kami akan menulis apa yang mereka katakan.


Sumber: Durusul Lughah Al ‘Arabiyyah jilid 3, halaman 117-118