Cari Blog Ini

Tsalatsatul Ushul (7)

فَلَمَّا اسۡتَقَرَّ بِالۡمَدِينَةِ أُمِرَ بِبَقِيَّةِ شَرَائِعِ الۡإِسۡلَامِ مِثۡلُ: الزَّكَاةِ، وَالصَّوۡمِ، وَالۡحَجِّ، وَالۡجِهَادِ، وَالۡأَذَانِ، وَالۡأَمۡرِ بِالۡمَعۡرُوفِ وَالنَّهۡيِ عَنِ الۡمُنۡكَرِ وَغَيۡرِ ذَلِكَ مِنۡ شَرَائِعِ الۡإِسۡلَامِ. 
أَخَذَ عَلَى هٰذَا عَشۡرَ سِنِينَ وَبَعۡدَهَا تُوُفِّيَ صَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيۡهِ وَدِينُهُ بَاقٍ. وَهٰذَا دِينُهُ، لَا خَيۡرَ إِلَّا دَلَّ الۡأُمَّةَ عَلَيۡهِ، وَلَا شَرَّ إِلَّا حَذَّرَهَا مِنۡهُ، وَالۡخَيۡرُ الَّذِي دَلَّ عَلَيۡهِ: التَّوۡحِيدُ، وَجَمِيعُ مَا يُحِبُّهُ اللهُ وَيَرۡضَاهُ. وَالشَّرُّ الَّذِي حَذَّرَ مِنۡهُ: الشِّرۡكُ وَجَمِيعُ مَا يَكۡرَهُهُ اللهُ وَيَأۡبَاهُ. بَعَثَهُ اللهُ إِلَى النَّاسِ كَافَّةً، وَافۡتَرَضَ اللهُ طَاعَتَهُ عَلَى جَمِيعِ الثَّقَلَيۡنِ: الۡجِنِّ وَالۡإِنۡسِ، وَالدَّلِيلُ قَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿قُلۡ يَـٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنِّى رَسُولُ ٱللَّهِ إِلَيۡكُمۡ جَمِيعًا﴾ [سورة الأعراف، الآية: ١٥٨]. 
وَأَكۡمَلَ اللهُ بِهِ الدِّينَ، وَالدَّلِيلُ قَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿ٱلۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلۡإِسۡلَـٰمَ دِينًا﴾ [سورة المائدة، الآية: ٣]. 
وَالدَّلِيلُ عَلَى مَوۡتِهِ ﷺ قَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُم مَّيِّتُونَ ۝٣٠ ثُمَّ إِنَّكُمۡ يَوۡمَ ٱلۡقِيَـٰمَةِ عِندَ رَبِّكُمۡ تَخۡتَصِمُونَ﴾ [سورة الزمر، الآيتين: ٣٠، ٣١]. 
وَالنَّاسُ إِذَا مَاتُوا يُبۡعَثُونَ، وَالدَّلِيلُ قَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿مِنۡهَا خَلَقۡنَـٰكُمۡ وَفِيهَا نُعِيدُكُمۡ وَمِنۡهَا نُخۡرِجُكُمۡ تَارَةً أُخۡرَىٰ﴾ [سورة طه، الآية: ٥٥]، وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿وَٱللَّهُ أَنۢبَتَكُم مِّنَ ٱلۡأَرۡضِ نَبَاتًا ۝١٧ ثُمَّ يُعِيدُكُمۡ فِيهَا وَيُخۡرِجُكُمۡ إِخۡرَاجًا﴾ [سورة نوح، الآيتين: ١٧، ١٨]. 
وَبَعۡدَ الۡبَعۡثِ مُحَاسَبُونَ وَمَجۡزِيُّونَ بِأَعۡمَالِهِمۡ، وَالدَّلِيلُ قَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿لِيَجۡزِيَ الَّذِينَ أَسَاءُوا بِمَا عَمِلُوا وَيَجۡزِيَ الَّذِينَ أَحۡسَنُوا بِالۡحُسۡنَى﴾ [سورة النجم: ٣١]؛ وَمَنۡ كَذَّبَ بِالۡبَعۡثِ كَفَرَ، وَالدَّلِيلُ قَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿زَعَمَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ أَن لَّن يُبۡعَثُوا۟ قُلۡ بَلَىٰ وَرَبِّى لَتُبۡعَثُنَّ ثُمَّ لَتُنَبَّؤُنَّ بِمَا عَمِلۡتُمۡ وَذَ‌ٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِيرٌ﴾ [سورة التغابن، الآية: ٧].
Ketika beliau menetap di Madinah, beliau diperintah dengan syariat-syariat Islam yang lain, seperti zakat, puasa, haji, jihad, adzan, amar ma'ruf nahi mungkar, dan syariat Islam yang lain. 
Hal itu berlangsung selama 10 tahun, kemudian beliau shalawatullah wa salamuhu 'alaihi diwafatkan, dan agamanya tetap ada. Dan inilah agamanya. Tidak ada kebaikan kecuali beliau telah menunjukkan umat kepadanya. Tidak ada pula kejelekan kecuali beliau telah memperingatkan umat darinya. Dan kebaikan yang telah beliau tunjukkan adalah tauhid dan seluruh apa yang Allah cintai dan ridhai. Adapun kejelekan yang telah beliau peringatkan darinya adalah syirik dan seluruh apa yang Allah benci dan tidak menyukainya. Allah mengutus beliau kepada manusia seluruhnya dan Allah mewajibkan dua jenis makhluk – jin dan manusia – untuk mentaati beliau. Dalilnya adalah firman Allah ta'ala, 
قُلۡ يَـٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنِّى رَسُولُ ٱللَّهِ إِلَيۡكُمۡ جَمِيعًا 
Katakanlah: “Wahai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepada kalian semua.” (QS. Al-A'raf: 158). 
Dan Allah telah menyempurnakan agama melalui beliau. Dalilnya adalah firman Allah ta'ala, 
ٱلۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلۡإِسۡلَـٰمَ دِينًا 
Pada hari ini, telah Aku sempurnakan agama kalian untuk kalian, dan Aku telah cukupkan nikmatKu kepada kalian, dan Aku telah meridhai Islam sebagai agama bagi kalian. (QS. Al-Ma`idah: 3). 
Dalil atas kematian beliau shallallahu 'alaihi wa sallam adalah firman Allah ta'ala, 
إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُم مَّيِّتُونَ ۝٣٠ ثُمَّ إِنَّكُمۡ يَوۡمَ ٱلۡقِيَـٰمَةِ عِندَ رَبِّكُمۡ تَخۡتَصِمُونَ 
Sesungguhnya engkau akan meninggal dan sesungguhnya mereka juga akan meninggal. Kemudian sesungguhnya kalian pada hari kiamat akan berbantah-bantahan di hadapan Rabb kalian. (QS. Az-Zumar: 30-31). 
Manusia jika telah meninggal, kelak akan dibangkitkan. Dalilnya adalah firman Allah ta'ala, 
مِنۡهَا خَلَقۡنَـٰكُمۡ وَفِيهَا نُعِيدُكُمۡ وَمِنۡهَا نُخۡرِجُكُمۡ تَارَةً أُخۡرَىٰ 
Kami telah menciptakan kalian dari tanah, dan Kami akan mengembalikan kalian ke dalam tanah. Dan kelak Kami akan mengeluarkan kalian darinya pada kali yang lain. (QS. Thaha: 55). Dan firman Allah ta'ala, 
وَٱللَّهُ أَنۢبَتَكُم مِّنَ ٱلۡأَرۡضِ نَبَاتًا ۝١٧ ثُمَّ يُعِيدُكُمۡ فِيهَا وَيُخۡرِجُكُمۡ إِخۡرَاجًا 
Allah yang menumbuhkan kalian dari tanah ini dengan sebaik-baiknya. Kemudian Dia mengembalikan kalian ke dalamnya dan benar-benar akan mengeluarkan kalian. (QS. Nuh: 17-18). 
Dan setelah dibangkitkan, manusia akan dihisab dan dibalas amalan-amalan mereka. Dalilnya adalah firman Allah ta'ala, 
لِيَجۡزِيَ الَّذِينَ أَسَاءُوا بِمَا عَمِلُوا وَيَجۡزِيَ الَّذِينَ أَحۡسَنُوا بِالۡحُسۡنَى 
Agar Allah membalas orang-orang yang berbuat jahat terhadap apa yang telah mereka kerjakan dan membalas orang-orang yang berbuat kebaikan dengan balasan yang paling baik (surga). (QS. An-Najm: 31). Barangsiapa yang mendustakan kebangkitan, maka dia kafir. Dalilnya adalah firman Allah ta'ala, 
زَعَمَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ أَن لَّن يُبۡعَثُوا۟ قُلۡ بَلَىٰ وَرَبِّى لَتُبۡعَثُنَّ ثُمَّ لَتُنَبَّؤُنَّ بِمَا عَمِلۡتُمۡ وَذَ‌ٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِيرٌ 
Orang-orang kafir menyangka bahwa mereka tidak akan dibangkitkan. Katakanlah, bahkan demi Rabbku, sungguh kalian akan dibangkitkan dan akan diberitakan apa yang telah kalian kerjakan. Dan hal itu sangat mudah bagi Allah. (QS. At-Taghabun: 7).