Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1144

١٤٧ – (١١٤٤) – وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا حَفۡصٌ وَأَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ. (ح) وَحَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ - وَاللَّفۡظُ لَهُ -: أَخۡبَرَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا يَصُمۡ أَحَدُكُمۡ يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ، إِلَّا أَنۡ يَصُومَ قَبۡلَهُ أَوۡ يَصُومَ بَعۡدَهُ).
[البخاري: كتاب الصوم، باب صوم يوم الجمعة...، رقم: ١٩٨٥].
147. (1144). Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Hafsh dan Abu Mu'awiyah menceritakan kepada kami, dari Al-A'masy. (Dalam riwayat lain) Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami – dan lafazh ini dari beliau -: Abu Mu'awiyah mengabarkan kepada kami, dari Al-A'masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Jangan salah seorang dari kalian berpuasa pada hari Jum'at, kecuali dia juga berpuasa sebelumnya atau setelahnya.”
١٤٨ - (…) - وَحَدَّثَنِي أَبُو كُرَيۡبٍ: حَدَّثَنَا حُسَيۡنٌ - يَعۡنِي الۡجُعۡفِيَّ - عَنۡ زَائِدَةَ، عَنۡ هِشَامٍ، عَنِ ابۡنِ سِيرِينَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (لَا تَخۡتَصُّوا لَيۡلَةَ الۡجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنۡ بَيۡنِ اللَّيَالِي، وَلَا تَخُصُّوا يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنۡ بَيۡنِ الۡأَيَّامِ، إِلَّا أَنۡ يَكُونَ فِي صَوۡمٍ يَصُومُهُ أَحَدُكُمۡ).
148. Abu Kuraib telah menceritakan kepadaku: Husain Al-Ju'fi menceritakan kepada kami, dari Za`idah, dari Hisyam, dari Ibnu Sirin, dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Janganlah kalian mengkhususkan malam Jum'at dari malam-malam yang ada dengan menegakkan shalat malam. Dan janganlah mengkhususkan hari Jum'at dari hari-hari yang ada dengan berpuasa, kecuali bertepatan dengan puasa yang biasa dilakukan salah seorang kalian.”