Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1512

٣ – (١٥١٢) – وَحَدَّثَنِي أَبُو الطَّاهِرِ وَحَرۡمَلَةُ بۡنُ يَحۡيَىٰ - وَاللَّفۡظُ لِحَرۡمَلَةَ - قَالَا: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: أَخۡبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ: أَخۡبَرَنِي عَامِرُ بۡنُ سَعۡدِ بۡنِ أَبِي وَقَّاصٍ أَنَّ أَبَا سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيَّ قَالَ: نَهَانَا رَسُولُ اللهِ ﷺ عَنۡ بَيۡعَتَيۡنِ وَلِبۡسَتَيۡنِ: نَهَىٰ عَنِ الۡمُلَامَسَةِ وَالۡمُنَابَذَةِ فِي الۡبَيۡعِ.
وَالۡمُلَامَسَةُ: لَمۡسُ الرَّجُلِ ثَوۡبَ الۡآخَرِ بِيَدِهِ بِاللَّيۡلِ، أَوۡ بِالنَّهَارِ، وَلَا يَقۡلِبُهُ إِلَّا بِذٰلِكَ. وَالۡمُنَابَذَةُ: أَنۡ يَنۡبِذَ الرَّجُلُ إِلَى الرَّجُلِ بِثَوۡبِهِ وَيَنۡبِذَ الۡآخَرُ إِلَيۡهِ ثَوۡبَهُ، وَيَكُونُ ذٰلِكَ بَيۡعَهُمَا مِنۡ غَيۡرِ نَظَرٍ وَلَا تَرَاضٍ.
3. (1512). Abuth Thahir dan Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepadaku – dan lafazh ini milik Harmalah -, mereka berdua berkata: Ibnu Wahb mengabarkan kepada kami: Yunus mengabarkan kepadaku, dari Ibnu Syihab: 'Amir bin Sa'd bin Abu Waqqash mengabarkan kepadaku, bahwasanya Abu Sa'id Al-Khudri berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah melarang kami dari dua jual beli dan dua pakaian. Beliau melarang dari al-mulaamasah dan al-munaabadzah dalam jual beli.
Al-Mulaamasah adalah seseorang menyentuh pakaian orang lain dengan tangannya di malam atau di siang hari dan dia tidak membolak-baliknya kecuali dengan menyentuhnya saja. Al-Munaabadzah adalah seseorang melemparkan pakaiannya kepada orang lain dan orang lain itu melemparkan pakaiannya kepadanya dan itulah cara jual beli mereka dengan tanpa memeriksa dan tanpa saling rela.