Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2274

١٤ – بَابُ أَجۡرِ السَّمۡسَرَةِ

14. Bab upah makelar

وَلَمۡ يَرَ ابۡنُ سِيرِينَ وَعَطَاءٌ وَإِبۡرَاهِيمُ وَالۡحَسَنُ بِأَجۡرِ السِّمۡسَارِ بَأۡسًا. وَقَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: لَا بَأۡسَ أَنۡ يَقُولَ: بِعۡ هٰذَا الثَّوۡبَ، فَمَا زَادَ عَلَى كَذَا وَكَذَا فَهُوَ لَكَ. وَقَالَ ابۡنُ سِيرِينَ: إِذَا قَالَ: بِعۡهُ بِكَذَا، فَمَا كَانَ مِنۡ رِبۡحٍ فَهُوَ لَكَ، أَوۡ بَيۡنِي وَبَيۡنَكَ، فَلَا بَأۡسَ بِهِ. وَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (الۡمُسۡلِمُونَ عِنۡدَ شُرُوطِهِمۡ).
Ibnu Sirin, 'Atha`, Ibrahim, dan Al-Hasan berpendapat tidak mengapa dengan upah makelar. Ibnu 'Abbas berkata: Tidak mengapa untuk mengatakan: Juallah pakaian ini. Adapun jika ada lebihnya dari sekian dan sekian, maka itu milikmu. Ibnu Sirin berkata: Jika ia berkata: Juallah ia dengan harga sekian, dan keuntungan di atas harga itu adalah milikmu, atau antara aku dan engkau; maka hal ini tidak mengapa. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Kaum muslimin itu berada pada persyaratan-persyaratan mereka.”
٢٢٧٤ – حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَاحِدِ: حَدَّثَنَا مَعۡمَرٌ، عَنِ ابۡنِ طَاوُسٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: نَهَى رَسُولُ اللهِ ﷺ أَنۡ يُتَلَقَّى الرُّكۡبَانُ، وَلَا يَبِيعَ حَاضِرٌ لِبَادٍ. قُلۡتُ: يَا ابۡنَ عَبَّاسٍ، مَا قَوۡلُهُ: (لَا يَبِيعُ حَاضِرٌ لِبَادٍ؟) قَالَ: لَا يَكُونُ لَهُ سِمۡسَارًا. [طرفه في: ٢١٥٨].
2274. Musaddad telah menceritakan kepada kami: 'Abdul Wahid menceritakan kepada kami: Ma'mar menceritakan kepada kami, dari Ibnu Thawus, dari ayahnya, dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah melarang untuk mencegat pedagang di tengah jalan dan melarang orang yang mukim menjualkan barang dagangan orang pedalaman. Aku berkata: Wahai Ibnu 'Abbas, apa makna ucapan beliau, “Janganlah orang mukim menjualkan barang dagangan orang pedalaman”? Beliau menjawab: Janganlah dia menjadi makelar.