Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Hukum Munada

حُكۡمُ الۡمُنَادَى

قَالَ: فَأَمَّا الۡمُفۡرَدُ الۡعَلَمُ وَالنَّكِرَةُ الۡمَقۡصُودَةُ فَيُبۡنَيَانِ عَلَى الضَّمِّ مِنۡ غَيۡرِ تَنۡوِينٍ، نَحۡوُ: (يَا زَيۡدُ)، وَ(يَا رَجُلُ) وَالثَّلَاثَةُ الۡبَاقِيَةُ مَنۡصُوبَةٌ لَا غَيۡرُ.
Ibnu Ajrum berkata: Adapun mufrad 'alam dan nakirah maqshudah mabni atas dhammah tanpa tanwin, contoh: يَا زَيۡدُ dan يَا رَجُلُ. Dan tiga sisanya dinashab.
أَقُولُ: حُكۡمُ الۡمُنَادَى أَنَّهُ يَنۡقَسِمُ إِلَى قِسۡمَيۡنِ: مَبۡنِيٌّ وَمُعۡرَبٌ.
فَأَمَّا الۡمُفۡرَدُ الۡعَلَمُ وَالنَّكِرَةُ الۡمَقۡصُودَةُ فَإِنَّهُمَا يُبۡنَيَانِ عَلَى مَا يُرۡفَعَانِ بِهِ فِي حَالَةِ الۡإِعۡرَابِ.
Ahmad bin Tsabit berkata: Hukum munada adalah terbagi menjadi dua bagian: mabni dan mu'rab.
Adapun mufrad 'alam dan nakirah maqshudah, keduanya mabni di atas tanda rafa'nya pada keadaan i'rab.
فَإِنۡ كَانَا يُرۡفَعَانِ بِالضَّمَّةِ -وَذٰلِكَ الۡمُفۡرَدُ وَجَمۡعُ التَّكۡسِيرِ وَجَمۡعُ الۡمُؤَنَّثِ السَّالِمُ- فَإِنَّهُمَا يُبۡنَيَانِ عَلَى الضَّمِّ.
مِثَالُ الۡمُفۡرَدِ قَوۡلُكَ: (يَا زَيۡدُ، وَيَا رَجُلُ) وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿يَٰنُوحُ اهۡبِطۡ بِسَلَٰمٍ﴾ [هود: ٤٨] وَقَوۡلُهُ: ﴿يَـٰٓأَرۡضُ ٱبۡلَعِى مَآءَكِ﴾ [هود: ٤٤].
وَمِثَالُ جَمۡعِ التَّكۡسِيرِ قَوۡلُكَ: (يَا زُيُودُ، وَيَا هُنُودُ) وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿يَٰجِبَالُ أَوِّبِى مَعَهُ﴾ [سبإ: ١٠].
وَمِثَالُ جَمۡعِ الۡمُؤَنَّثِ السَّالِمِ قَوۡلُكَ: (يَا هِنۡدَاتُ، وَيَا فَتَيَاتُ).
فَالۡمُنَادَى فِي جَمِيعِ هٰذِهِ الۡأَمۡثِلَةِ مَبۡنِيٌّ عَلَى الضَّمِّ فِي مَحَلِّ نَصۡبٍ مَفۡعُولٌ بِهِ؛ لِأَنَّ الۡأَصۡلَ: (أَدۡعُو زَيۡدًا وَرَجُلًا وَنُوحًا وَ... إلخ) فَحُذِفَ الۡفِعۡلُ وَهُوَ (أَدۡعُو) وَنَابَتۡ عَنۡهُ (يَا) فَصَارَ (يَا زَيۡدُ) وَقِسۡ عَلَيۡهِ مَا بَعۡدَهُ.
Jadi, jika keduanya dirafa' dengan dhammah -yaitu pada isim mufrad, jamak taksir, dan jamak muannats salim-, maka keduanya mabni atas tanda dhammah.
Contoh isim mufrad adalah ucapanmu: يَا زَيۡدُ، وَيَا رَجُلُ dan firman Allah ta'ala: يَٰنُوحُ اهۡبِطۡ بِسَلَٰمٍ (QS. Hud: 48) dan firman Allah ta'ala: يَـٰٓأَرۡضُ ٱبۡلَعِى مَآءَكِ (QS. Hud: 44).
Contoh jamak taksir adalah ucapanmu: يَا زُيُودُ، وَيَا هُنُودُ dan firman Allah ta'ala: يَٰجِبَالُ أَوِّبِى مَعَهُ (QS. Saba`: 10).
Contoh jamak muannats salim adalah ucapanmu: يَا هِنۡدَاتُ، وَيَا فَتَيَاتُ.
Semua munada pada contoh-contoh ini mabni atas tanda dhammah pada kedudukan nashab maf'ul bih. Karena asalnya adalah أَدۡعُو زَيۡدًا وَرَجُلًا وَنُوحًا وَ... إلخ (Aku menyeru Zaid, seorang laki-laki, Nuh, … dan seterusnya), kemudian fi'ilnya dibuang yaitu (أَدۡعُو) dan يَا menggantikannya sehingga menjadi يَا زَيۡدُ. Dan kiaskan dengannya apa-apa yang setelahnya.
وَإِنۡ كَانَا يُرۡفَعَانِ بِالۡأَلِفِ نِيَابَةً عَنِ الضَّمَّةِ -وَذٰلِكَ الۡمُثَنَّى- فَإِنَّهُمَا يُبۡنَيَانِ عَلَى الۡأَلِفِ نَحۡوُ: (يَا زَيۡدَانِ، وَيَا رَجُلَانِ) فَالۡمُثَنَّى فِي هٰذَيۡنِ الۡمِثَالَيۡنِ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡأَلِفِ فِي مَحَلِّ نَصۡبٍ مَفۡعُولٌ بِهِ.
Jika keduanya dirafa' dengan huruf alif sebagai ganti dari dhammah -yaitu isim mutsanna-, maka keduanya mabni atas huruf alif, contoh: يَا زَيۡدَانِ، وَيَا رَجُلَانِ. Maka isim mutsanna pada dua contoh ini mabni atas huruf alif pada kedudukan nashab maf'ul bih.
وَإِنۡ كَانَا يُرۡفَعَانِ بِالۡوَاوِ نِيَابَةً عَنِ الضَّمَّةِ -وَذٰلِكَ جَمۡعُ الۡمُذَكَّرِ السَّالِمُ- فَإِنَّهُمَا يُبۡنَيَانِ عَلَى الۡوَاوِ نَحۡوُ: (يَا زَيۡدُونَ، وَيَا مُسۡلِمُونَ) فَالۡجَمۡعُ فِي هٰذَيۡنِ الۡمِثَالَيۡنِ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡوَاوِ فِي مَحَلِّ نَصۡبٍ مَفۡعُولٌ بِهِ.
Jika keduanya dirafa' dengan huruf wawu sebagai ganti dari dhammah -yaitu jamak mudzakkar salim-, maka keduanya mabni atas huruf wawu, contoh: يَا زَيۡدُونَ، وَيَا مُسۡلِمُونَ. Maka jamak pada dua contoh ini mabni atas huruf wawu pada kedudukan nashab maf'ul bih.
وَأَمَّا النَّكِرَةُ غَيۡرُ الۡمَقۡصُودَةِ وَالۡمُضَافُ وَالشَّبِيهُ بِالۡمُضَافِ فَحُكۡمُهَا النَّصۡبُ وُجُوبًا.
فَمِثَالُ النَّكِرَةِ غَيۡرِ الۡمَقۡصُودَةِ قَوۡلُ الۡأَعۡمَى: (يَا رَجُلًا، خُذۡ بِيَدِي!).
وَمِثَالُ الۡمُضَافِ قَوۡلُكَ: (يَا طَالِبَ الۡعِلۡمِ، اجۡتَهِدۡ) وَنَحۡوُ: (يَا أَبَا زَيۡدٍ) وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿يَـٰٓأَهۡلَ ٱلۡكِتَـٰبِ﴾ [آل عمران: ٦٤].
وَمِثَالُ الشَّبِيهِ بِالۡمُضَافِ -مَعَ مَا تَقَدَّمَ- قَوۡلُكَ: (يَا رَاغِبًا فِي الۡعِلۡمِ، تَصَبَّرۡ!).
فَالۡمُنَادَى فِي جَمِيعِ هٰذِهِ الۡأَمۡثِلَةِ مَنۡصُوبٌ وُجُوبًا؛ لِأَنَّهُ نَكِرَةٌ غَيۡرُ مَقۡصُودَةٍ أَوۡ مُضَافٌ أَوۡ شَبِيهٌ بِالۡمُضَافِ، وَعَلَامَةُ نَصۡبِهِ الۡفَتۡحَةُ الظَّاهِرَةُ عَلَى آخِرِهِ مَا عَدَا (أَبَا زَيۡدٍ) فَإِنَّ عَلَامَةَ نَصۡبِهِ الۡأَلِفُ نِيَابَةً عَنِ الۡفَتۡحَةِ؛ لِأَنَّهُ مِنَ الۡأَسۡمَاءِ الۡخَمۡسَةِ، وَإِنَّمَا خَصَصۡتُهُ بِالذِّكۡرِ؛ لِأَنَّ كَثِيرًا مِنَ الطُّلَّابِ يَخۡطَئُونَ فِي التَّلَفُّظِ بِهِ فَيَقُولُونَ: (يَا أَبُو زَيۡدٍ) أَوۡ (يَا أَبِي زَيۡدٍ)، وَاللهُ الۡمُوَفِّقُ!
Adapun nakirah ghairu maqshudah, mudhaf, dan yang menyerupai mudhaf, maka hukumnya wajib nashab.
Contoh nakirah ghairu maqshudah adalah ucapan seorang yang buta: يَا رَجُلًا، خُذۡ بِيَدِي (Wahai seseorang, tolong gamit tanganku).
Contoh mudhaf adalah ucapanmu: يَا طَالِبَ الۡعِلۡمِ، اجۡتَهِدۡ (Wahai penuntut ilmu, bersungguh-sungguhlah) dan يَا أَبَا زَيۡدٍ (Wahai Abu Zaid), dan firman Allah ta'ala: يَـٰٓأَهۡلَ ٱلۡكِتَـٰبِ (QS. Aali 'Imran: 64).
Contoh yang menyerupai mudhaf -beserta apa yang telah lalu- adalah ucapanmu: يَا رَاغِبًا فِي الۡعِلۡمِ، تَصَبَّرۡ (Wahai yang mencintai ilmu, teruslah bersabar).
Munada di seluruh contoh-contoh tersebut adalah wajib manshub karena ia berupa nakirah ghairu maqshudah, mudhaf, atau menyerupai mudhaf. Tanda nashabnya adalah fathah yang nampak pada huruf akhirnya selain أَبَا زَيۡدٍ, alamat nashab ini adalah huruf alif sebagai ganti dari fathah karena ia termasuk asma`ul khamsah. Dan hanyalah aku mengkhususkannya untuk mengingatkan saja. Karena banyak dari penuntut ilmu yang keliru dalam melafazhkannya dengan mengatakan: يَا أَبُو زَيۡدٍ atau يَا أَبِي زَيۡدٍ. Wallahul muwaffiq.
تَنۡبِيهٌ: قَوۡلُ الۡمُصَنِّفِ: (فَيُبۡنَيَانِ عَلَى الضَّمِّ مِنۡ غَيۡرِ تَنۡوِينٍ) لَا يَشۡمَلُ الۡأَلِفَ وَالۡوَاوَ فِي الۡمُثَنَّى وَالۡجَمۡعِ، فَلَوۡ قَالَ: (عَلَى مَا يُرۡفَعَانِ بِهِ) لَكَانَ أَوۡلَى؛ لِيَشۡمَلَ مَا تَقَدَّمَ، لٰكِنۡ قَدۡ أُجِيبَ عَنۡهُ بِأَنَّهُ أَرَادَ بِـ(الضَّمِّ) مَا يَشۡمَلُ نَائِبَهُ أَيۡضًا.
وَقَوۡلُهُ: (مِنۡ غَيۡرِ تَنۡوِينٍ) لَا حَاجَةَ إِلَيۡهِ؛ لِأَنَّ مِنَ الۡمَعۡلُومِ أَنَّ كُلَّ مَبۡنِيٍّ عَلَى الضَّمِّ لَا يُنَوَّنُ إِلَّا أَنۡ يُقَالَ: إِنَّمَا ذَكَرَهُ لِلتَّوۡضِيحِ.
Peringatan: Ucapan penyusun “keduanya mabni atas harakat dhammah tanpa tanwin” tidak mencakup alif dan wawu pada isim mutsanna dan jamak, sekiranya beliau mengatakan “mabni atas tanda yang dia dirafa' dengannya” tentu lebih baik karena lebih mencakup apa yang telah lalu. Tetapi bisa dijawab bahwa yang beliau inginkan dengan dhammah adalah mencakup juga penggantinya.
Dan ucapan beliau “tanpa tanwin” tidak perlu. Karena sudah dimaklumi bahwa setiap yang mabni atas dhammah tidak ditanwin. Kecuali apabila dikatakan bahwa beliau menyebutkannya untuk lebih memperjelas.