Cari Blog Ini

Syarh Al-Ushulus Sittah - Pondasi Keempat (3)

وَقَدۡ بَيَّنَ اللهُ تَعَالَى هٰذَا الۡأَصۡلَ فِي أَوَّلِ سُورَةِ الۡبَقَرَةِ مِنۡ قَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿يَا بَنِي إِسۡرَائِيلَ اذۡكُرُوا نِعۡمَتِيَ الَّتِي أَنۡعَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ﴾ [البقرة: ٤٠]. إِلَى قَوۡلِهِ قَبۡلَ ذِكۡرِ إِبۡرَاهِيمَ عَلَيۡهِ السَّلَامُ: ﴿يَا بَنِي إِسۡرَائِيلَ﴾ [البقرة: ١٢٢].
Syaikhul Islam Muhammad bin ‘Abdul Wahhab rahimahullah berkata: Dan sungguh Allah ta’ala telah menjelaskan pondasi ini di awal surah Al-Baqarah, dari firmanNya yang artinya: “Hai Bani Israil, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu…” (QS. Al-Baqarah: 40) sampai firmanNya sebelum penyebutan Nabi Ibrahim ‘alaihis salam yang artinya: “Hai Bani Israil…” (QS. Al-Baqarah: 122).

[١٨] اللهُ -جَلَّ وَعَلَا- فِي سُورَةِ الۡبَقَرَةِ أَنۡزَلَ آيَاتٍ كَثِيرَةٍ فِي بَنِي إِسۡرَائِيلَ لِتَذۡكِيرِهِمۡ بِنِعۡمَةِ اللهِ عَلَيۡهِمۡ، وَأَمَرَهُمۡ بِاتِّبَاعِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيۡهِ وَسَلَّمَ الَّذِي يَعۡرِفُونَ نُبُوَّتَهُ وَرِسَالَتَهُ فِي كُتُبِهِمۡ، وَبَشَرَتۡ بِهِ أَنۡبِيَاؤُهُمۡ، بَدَأَهَا مِنۡ قَوۡلِهِ: ﴿يَا بَنِي إِسۡرَائِيلَ ٱذۡكُرُوا۟ نِعۡمَتِىَ ٱلَّتِىٓ أَنۡعَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ وَأَوۡفُوا۟ بِعَهۡدِىٓ أُوفِ بِعَهۡدِكُمۡ﴾ [البقرة: ٤٠] وَخَتَمَهَا بِقَوۡلِهِ: ﴿يَا بَنِي إِسۡرَائِيلَ ٱذۡكُرُوا۟ نِعۡمَتِىَ ٱلَّتِىٓ أَنۡعَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ وَأَنِّى فَضَّلۡتُكُمۡ عَلَى ٱلۡعَـٰلَمِينَ﴾ [البقرة: ٤٧] ﴿وَٱتَّقُوا۟ يَوۡمًا لَّا تَجۡزِى نَفۡسٌ عَن نَّفۡسٍ شَيۡـًٔا وَلَا يُقۡبَلُ مِنۡهَا عَدۡلٌ وَلَا تَنفَعُهَا شَفَـٰعَةٌ﴾ [البقرة: ١٢٣] ثُمَّ ذَكَرَ إِبۡرَاهِيمَ -عَلَيۡهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ- فَقَالَ: ﴿وَإِذِ ٱبۡتَلَىٰٓ إِبۡرَٰهِـۧمَ رَبُّهُۥ بِكَلِمَـٰتٍ﴾ [البقرة: ١٢٤].
Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan bin ‘Abdullah Al-Fauzan hafizhahullah berkata: Allah jalla wa ‘ala pada surah Al-Baqarah menurunkan banyak ayat mengenai Bani Israil untuk mengingatkan mereka terhadap nikmat Allah kepada mereka. Juga untuk memerintahkan mereka agar mengikuti Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mereka mengetahui kenabian dan kerasulan beliau di dalam kitab-kitab mereka dan para nabi mereka pun telah memberi kabar gembira dengan kedatangan beliau. Allah memulainya dari firmanNya yang artinya, “Hai Bani Israil, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu, dan penuhilah janjimu kepada-Ku, niscaya Aku penuhi janji-Ku kepadamu…” (QS. Al-Baqarah: 40). Dan Dia menutupnya dengan firmanNya yang artinya, “Hai Bani Israil, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu dan (ingatlah pula) bahwasanya Aku telah melebihkan kamu atas segala umat.” (QS. Al-Baqarah: 47). “Dan takutlah kamu kepada suatu hari di waktu seseorang tidak dapat menggantikan seseorang lain sedikitpun dan tidak akan diterima suatu tebusan daripadanya dan tidak akan memberi manfaat sesuatu syafa'at kepadanya…” (QS. Al-Baqarah: 123). Kemudian Dia menyebutkan tentang Nabi Ibrahim ‘alaihish shalatu was salam. Allah berfirman yang artinya, “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Rabbnya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan)...” (QS. Al-Baqarah: 124).
كُلُّ هٰذِهِ الۡآيَاتِ مَا بَيۡنَ الۡآيَةِ الۡأُولَى وَالۡآيَةِ الۡأَخِيرَةِ، آيَاتٌ كَثِيرَةٌ كُلُّهَا فِي بَنِي إِسۡرَائِيلَ لِتَذۡكِيرِهِمۡ بِنِعۡمَةِ اللهِ بِإِرۡسَالِ الرُّسُلِ وَإِنۡزَالِ الۡكُتُبِ، وَأَنَّ الۡوَاجِبَ عَلَيۡهِمۡ أَنۡ يُؤۡمِنُوا بِرَسُولِ اللهِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيۡهِ وَسَلَّمَ.
Seluruh ayat-ayat antara ayat pertama dan ayat terakhir, ayat-ayat yang banyak ini mengenai Bani Israil untuk mengingatkan mereka terhadap nikmat Allah dengan mengutus para rasul dan menurunkan kitab-kitab. Dan sesungguhnya wajib bagi mereka untuk beriman kepada Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.
وَبَنُو إِسۡرَائِيلَ هُمۡ أَوۡلَادُ يَعۡقُوبَ، فَإِسۡرَائِيلُ هُوَ يَعۡقُوبُ؛ لِأَنَّهُمۡ مِنۡ ذُرِّيَّتِهِ وَهُمۡ اثۡنَا عَشَرَ سِبۡطًا، كُلُّ ابۡنٍ مِنۡ أَبۡنَائِهِ صَارَ لَهُ ذُرِّيَّةٌ، وَكُلُّ ذُرِّيَّةٍ يُسَمُّونَ السِّبۡطَ بِمَثَابَةِ الۡقَبَائِلِ فِي الۡعَرَبِ، قَالَ تَعَالَى: ﴿وَقَطَّعۡنَـٰهُمُ ٱثۡنَتَىۡ عَشۡرَةَ أَسۡبَاطًا أُمَمًا﴾ [الأعراف: ١٦٠].
Bani Israil adalah anak-anak Ya’qub. Israil adalah Ya’qub. Bani Israil berasal dari keturunan beliau dan mereka ada dua belas sibth (suku). Setiap anak dari anak-anak beliau menjadi keturunan beliau. Dan setiap keturunan dinamakan sibth yang sederajat dengan kabilah-kabilah di kalangan ‘Arab. Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Dan mereka Kami bagi menjadi dua belas suku yang masing-masingnya berjumlah besar…” (QS. Al-A’raf: 160).