Cari Blog Ini

Taisirul 'Allam - Hadits ke-40

الۡحَدِيثُ الۡأَرۡبَعُونَ

٤٠ – عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا أَنَّ أُمَّ حَبِيبَةَ اسۡتُحِيضَتۡ سَبۡعَ سِنِينَ، فَسَأَلَتۡ رَسُولَ اللهِ ﷺ عَنۡ ذَلِكَ فَأَمَرَهَا أَنۡ تَغۡتَسِلَ[1]، فَكَانَتۡ تَغۡتَسِلُ لِكُلِّ صَلَاةٍ[2].
40. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Ummu Habibah mengalami istihadhah selama tujuh tahun. Lalu Ummu Habibah bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai keadaannya. Maka Nabi memerintahkannya untuk mandi. Setelah itu, Ummu Habibah mandi setiap hendak shalat.
الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِي:
أَصَابَتِ الۡاسۡتِحَاضَةُ (أُمَّ حَبِيبَةَ بِنۡتَ جَحۡشٍ) سَبۡعَ سِنِينَ، فَسَأَلَتِ النَّبِيَّ ﷺ عَنۡ كَيۡفِيَةِ الطُّهۡرِ مِنۡ ذَلِكَ، فَأَمَرَهَا أَنۡ تَغۡتَسِلَ فَكَانَتۡ تَفۡعَلُ ذَلِكَ لِكُلِّ صَلَاةٍ.
Makna secara umum:
Ummu Habibah bintu Jahsy mengalami istihadhah selama tujuh tahun. Lalu ia bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai cara bersuci dari keadaannya itu. Nabi pun memerintahkannya untuk mandi. Maka Ummu Habibah mengerjakan mandi setiap kali hendak shalat.
اخۡتِلَافُ الۡعُلَمَاءِ:
اخۡتَلَفَ الۡعُلَمَاءُ فِي غُسۡلِ الۡمُسۡتَحَاضَةِ لِكُلِّ صَلَاةٍ، هَلۡ يَجِبُ أَوۡ لَا؟
فَذَهَبَ بَعۡضُهُمۡ إِلَى وُجُوبِهِ عَمَلًا بِأَحَادِيثِ وَرَدَتۡ بِذَلِكَ فِي بَعۡضِ السُّنَنِ.
وَذَهَبَ الۡجُمۡهُورُ مِنَ السَّلَفِ وَمِنۡهُمۡ عَلِيٌّ وَابۡنُ عَبَّاسٍ وَعَائِشَةُ وَالۡخَلَفُ، وَمِنۡهُمۡ الۡأَئِمَّةُ أَبُو حَنِيفَةَ، وَمَالِكٌ، وَأَحۡمَدُ إِلَى عَدَمِ وُجُوبِهِ، مُسۡتَدِلِّينَ بِالۡبَرَاءَةِ الۡأَصۡلِيَّةِ، وَهُوَ أَنَّ الۡأَصۡلَ عَدَمُ الۡوُجُوبِ، وَأَجَابُوا عَنۡ أَحَادِيثِ الۡأَمۡرِ بِالۡغُسۡلِ، أَنَّهُ لَيۡسَ فِيهَا شَيۡءٌ ثَابِتٌ.
وَغُسۡلُ أُمِّ حَبِيبَةَ لِكُلِّ صَلَاةٍ، إِنَّمَا هُوَ مِنۡ عِنۡدِهَا، لَيۡسَ أَمۡرًا مِنَ النَّبِيِّ ﷺ لَهَا فِي كُلِّ صَلَاةٍ، وَإِنَّمَا أَمَرَهَا بِالۡغُسۡلِ فَقَطۡ، كَمَا هُوَ فِي الرِّوَايَاتِ الثَّابِتَةِ. وَذَكَرَ ابۡنُ دَقِيقِ الۡعِيدُ أَنَّهُ لَيۡسَ فِي الصَّحِيحَيۡنِ وَلَا أَحَدِهِمَا أَنَّهُ أَمَرَهَا بِالۡاغۡتِسَالِ لِكُلِّ صَلَاةٍ.
Perselisihan ulama:
Ulama berselisih mengenai mandinya wanita yang istihadhah setiap kali shalat, apakah wajib atau tidak. Sebagian ulama berpendapat wajib dalam rangka mengamalkan hadits-hadits yang menyebutkannya di dalam sebagian kitab Sunan. Adapun mayoritas ulama salaf –di antaranya ‘Ali, Ibnu ‘Abbas, dan ‘Aisyah- dan ulama khalaf –di antaranya Abu Hanifah, Malik, dan Ahmad- berpendapat tidak wajib. Mereka berdalil dengan hukum asal, yaitu bahwa asalnya tidak wajib. Dan mereka menanggapi hadits yang memerintahkan untuk mandi bahwa pada hadits itu tidak ada sedikitpun yang menetapkannya. Mandinya Ummu Habibah setiap kali hendak shalat hanyalah dari perbuatan beliau saja. Bukan karena perintah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mandi setiap kali shalat. Beliau hanya memerintahkan Ummu Habibah untuk mandi saja, sebagaimana yang terdapat di dalam riwayat-riwayat yang tetap. Ibnu Daqiqil ‘Id menyebutkan bahwa tidak terdapat di dalam Shahih Al-Bukhari dan Muslim dan tidak pula di dalam salah satunya bahwa beliau memerintahkan untuk mandi setiap kali shalat.
مَا يُؤۡخَذُ مِنَ الۡحَدِيثِ:
- وُجُوبُ الۡغُسۡلِ عَلَى الۡمُسۡتَحَاضَةِ عِنۡدَ انۡتِهَاءِ عِدَّةِ أَيَّامِ حَيۡضِهَا.
Faidah hadits:
- Wajib mandi bagi wanita yang istihadhah ketika selesai hitungan hari-hari haidnya.

[1] غَسۡلُهَا لِكُلِّ صَلَاةٍ، لَمۡ يَقَعۡ بِأَمۡرِهِ ﷺ كَمَا بُيِّنَ فِي رِوَايَةٍ لِمُسۡلِمٍ. 
وَلَفۡظُهُ: (فَأَمَرَهَا أَنۡ تَغۡتَسِلَ، فَكَانَتۡ تَغۡتَسِلُ لِكُلِّ صَلَاةٍ) وَكَذَا ذَكَرَهُ الۡحُمَيۡدِيُّ فِي (الۡجَمۡعِ بَيۡنَ الصَّحِيحَيۡنِ). 
Mandi beliau setiap shalat tidak terjadi berdasarkan perintah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana dijelaskan di dalam riwayat Muslim. Dan lafazhnya: “Maka beliau memerintah Ummu Habibah untuk mandi. Lalu Ummu Habibah mandi setiap kali hendak shalat.” Dan demikian yang Al-Humaidi sebutkan di dalam Al-Jam’u bainash Shaihain
[2] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (٣٢٧) فِي الۡحَيۡضِ، وَمُسۡلِمٌ (٣٣٤)(٦٤) فِي الۡحَيۡضِ، وَرَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ (٢٨٥) فِي الطَّهَارَةِ، وَالتِّرۡمِذِيُّ (١٢٩) فِي الطَّهَارَةِ، وَالدَّارِمِيُّ (١/١٩٦) فِي الطَّهَارَةِ، وَابۡنُ مَاجَهۡ (٦٢٦) فِي الطَّهَارَةِ. وَأَحۡمَدُ فِي (الۡمُسۡنَدِ) (٦/ ٨٢، ١٨٧).