Cari Blog Ini

Al-Ishabah - 1858. Hanzhalah bin Abu 'Amir

١٨٥٨ – حَنۡظَلَةُ بۡنُ أَبِي عَامِرِ بۡنِ صَيۡفِيِّ بۡنِ مَالِكِ بۡنِ أُمَيَّةَ بۡنِ ضُبَيۡعَةَ بۡنِ زَيۡدِ بۡنِ عَوۡفِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ عَوۡفِ بۡنِ مَالِكِ بۡنِ الۡأَوۡسِ بۡنِ حَارِثَةَ الۡأَنۡصَارِيُّ الۡأَوۡسِيُّ

1858. Hanzhalah bin Abu ‘Amir bin Shaifi bin Malik bin Umayyah bin Dhubai’ah bin Zaid bin ‘Auf bin ‘Amr bin ‘Auf bin Malik bin Al-Aus bin Haritsah Al-Anshari Al-Ausi

الۡمَعۡرُوفُ بِغَسِيلِ الۡمَلَائِكَةِ، وَكَانَ أَبُوهُ فِي الۡجَاهِلِيَّةِ يُعۡرَفُ بِالرَّاهِبِ، وَاسۡمُهُ عَمۡرٌ، وَيُقَالُ: عَبۡدُ عَمۡرٍو، وَكَانَ يَذۡكُرُ الۡبَعۡثَ، وَدِينَ الۡحَنِيفِيَّةِ، فَلَمَّا بُعِثَ النَّبِيُّ ﷺ عَانَدَهُ، وَحَسَدَهُ، وَخَرَجَ مِنَ الۡمَدِينَةِ، وَشَهِدَ مَعَ قُرَيۡشٍ وَقۡعَةَ أُحُدٍ، ثُمَّ رَجَعَ مَعَ قُرَيۡشٍ إِلَى مَكَّةَ، ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الرُّومِ، فَمَاتَ بِهَا سَنَةَ تِسۡعٍ، وَيُقَالُ سَنَةَ عَشۡرٍ، وَأَعۡطَي هِرَقۡلُ مِيرَاثَهُ لِكِنَانَةَ ابۡنِ عَبۡدِ يَالِيلَ الثَّقَفِيِّ، وَأَسۡلَمَ ابۡنُهُ حَنۡظَلَةُ فَحَسُنَ إِسۡلَامُهُ، وَاسۡتُشۡهِدَ بِأُحُدٍ لَا يَخۡتَلِفُ أَصۡحَابُ الۡمَغَازِي فِي ذٰلِكَ.
Beliau dikenal sebagai seseorang yang dimandikan oleh malaikat. Ayah beliau di zaman jahiliyyah dikenal sebagai rahib yang bernama ‘Amr dan ada yang mengatakan ‘Abdu ‘Amr. Dulu dia menyebut-nyebut tentang akan diutusnya seorang rasul dan tentang agama hanifiyyah Nabi Ibrahim. Namun, setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diutus, justru dia menentang dan dengki kepada beliau. Dia keluar dari Madinah dan mengikuti pasukan kafir Quraisy pada waktu perang Uhud. Kemudian dia kembali ke Makkah bersama Quraisy. Kemudian dia keluar ke Roma dan meninggal di sana pada tahun 9 H dan ada yang mengatakan tahun 10 H. Heraclius memberikan harta warisnya kepada Ibnu Abdu Yalil Ats-Tsaqafi. Adapun putranya yaitu Hanzhalah masuk Islam dan baik keislamannya. Beliau syahid dalam perang Uhud. Para penulis kitab peperangan tidak berselisih mengenai hal itu.
وَرَوَى ابۡنُ شَاهِينٍ بِإِسۡنَادٍ حَسَنٍ إِلَى هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: اسۡتَأۡذَنَ حَنۡظَلَةُ بۡنُ أَبِي عَامِرٍ، وَعَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أُبَيِّ بۡنِ سَلُولَ رَسُولَ اللهِ ﷺ فِي قَتۡلِ أَبَوَيۡهِمَا، فَنَهَاهُمَا عَنۡ ذٰلِكَ.
Ibnu Syahin meriwayatkan dengan sanad yang hasan sampai Hisyam bin ‘Urwah dari ayahnya. Beliau berkata: Hanzhalah bin Abu ‘Amir dan ‘Abdullah bin ‘Abdullah bin Ubay bin Salul meminta izin untuk membunuh kedua ayah mereka yang kafir. Namun beliau melarang mereka berdua.
وَقَالَ ابۡنُ إِسۡحَاقَ فِي الۡمَغَازِي، حَدَّثَنِي عَاصِمُ بۡنُ عَمۡرِو بۡنِ قَتَادَةَ.
Ibnu Ishaq dalam kitab Al-Maghazi: ‘Ashim bin ‘Amr bin Qatadah telah menceritakan kepadaku.
وَأَخۡرَجَ السَّرَّاجُ مِنۡ طَرِيقِ ابۡنِ إِسۡحَاقَ أَيۡضًا، حَدَّثَنِي يَحۡيَى بۡنُ عَبَّادِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الزُّبَيۡرِ، عَنۡ أَبِيهِ عَنۡ جَدِّهِ قَالَ: كَانَ حَنۡظَلَةُ بۡنُ أَبِي عَامِرٍ الۡغَسِيلُ الۡتَقَي هُوَ وَأَبُو سُفۡيَانَ بۡنُ حَرۡبٍ فَلَمَّا اسۡتَعۡلَى حَنۡظَلَةُ رَآهُ شَدَّادُ بۡنُ شَعُوبٍ، فَعَلَاهُ بِالسَّيۡفِ حَتَّى قَتَلَهُ، وَقَدۡ كَادَ يَقۡتُلُ أَبَا سُفۡيَانَ، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (إِنَّ صَاحِبَكُمۡ تُغَسِّلُهُ الۡمَلَائِكَةُ، فَسَلُوا صَاحِبَتَهُ)[1]، فَقَالَتۡ: خَرَجَ وَهُوَ جُنُبٌ لَمَّا سَمِعَ الۡهَائِعَةَ، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (لِذٰلِكَ تُغَسِّلُهُ الۡمَلَائِكَةُ).
As-Sarraj meriwayatkan dari jalan Ibnu Ishaq pula: Yahya bin Abbad bin ‘Abdullah bin Az-Zubair telah menceritakan kepadaku, dari ayahnya, dari kakeknya, beliau berkata: Dahulu, Hanzhalah bin Abu ‘Amir Al-Ghasil berhadapan dengan Abu Sufyan bin Harb. Ketika Hanzhalah dalam posisi menang, Syaddad bin Sya’ub melihatnya, lalu menyabetnya dengan pedang hingga membunuhnya. Dan Hanzhalah sungguh hampir saja bisa membunuh Abu Sufyan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya sahabat kalian dimandikan oleh malaikat. Tanyakanlah penyebabnya kepada istrinya!” Istrinya berkata: Hanzhalah keluar perang dalam keadaan masih junub ketika mendengar panggilan perang. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Itulah sebabnya Hanzhalah dimandikan oleh malaikat.”

[1] أَخۡرَجَهُ الۡحَاكِمُ فِي (مُسۡتَدۡرَكِهِ) (الۡحَدِيث: ٣/٢٠٤) وَذَكَرَهُ الۡهِنۡدِيُّ فِي (كَنۡزِ الۡعُمَّالِ) (الۡحَدِيث: ٣٣٢٥٢).