Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Yang Menjazmkan Fi'il Mudhari' (1)

جَوَزِمُ الۡمُضَارِعِ

قَالَ: وَالۡجَوَازِمُ ثَمَانِيَةَ عَشَرَ، وَهِيَ: لَمۡ، وَلَمَّا، وَأَلَمۡ، وَأَلَمَّا، وَلَامُ الۡأَمۡرِ وَالدُّعَاءِ، وَ(لَا) فِي النَّهۡيِ وَالدُّعَاءِ، وَإِنۡ، وَمَا، وَمَنۡ، وَمَهۡمَا، وَإِذۡمَا، وَأَيٌّ، وَمَتَى، وَأَيۡنَ، وَأَيَّانَ، وَأَنَّى، وَحَيۡثُمَا، وَكَيۡفَمَا، وَإِذَا فِي الشِّعۡرِ خَاصَّةً.
Yang menjazmkan fi'il mudhari' ada delapan belas, yaitu: لَمۡ, لَمَّا, أَلَمۡ, أَلَمَّا, huruf lam amr dan doa, لَا dalam larangan dan doa, إِنۡ, مَا, مَنۡ, مَهۡمَا, إِذۡمَا, أَيٌّ, مَتَى, أَيۡنَ, أَيَّانَ, أَنَّى, حَيۡثُمَا, كَيۡفَمَا, dan إِذَا khusus dalam sya'ir.
أَقُولُ: الۡأَدَوَاتُ الۡجَازِمَةُ لِلۡفِعۡلِ الۡمُضَارِعِ ثَمَانِيَةَ عَشَرَ جَازِمًا، وَهِيَ عِنۡدَ التَّحۡقِيقِ يَرۡجِعُ إِلَى خَمۡسَةَ عَشَرَ جَازِمًا بِإِسۡقَاطِ (أَلَمۡ وَأَلَمَّا وَكَيۡفَمَا).
أَمَّا (أَلَمۡ وَأَلَمَّا) فَلِأَنَّهُمَا دَاخِلَتَانِ فِي (لَمۡ وَلَمَّا)، وَأَمَّا (كَيۡفَمَا) فَلِأَنَّهَا لَا تَجۡزِمُ عَلَى الصَّحِيحِ، كَمَا سَيَأۡتِي بَيَانُهُ إِنۡ شَاءَ اللهُ تَعَالَى.
وَهَٰذِهِ الۡأَدَوَاتُ تَنۡقَسِمُ إِلَى قِسۡمَيۡنِ: قِسۡمٌ يَجۡزِمُ فِعۡلًا وَاحِدًا، وَقِسۡمٌ يَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ، أَمَّا الۡقِسۡمُ الۡأَوَّلُ -وَهُوَ الَّذِي يَجۡزِمُ فِعۡلًا وَاحِدًا- فَسِتَّةُ أَحۡرُفٍ:
Perangkat bahasa yang menjazmkan fi'il mudhari' ada delapan belas. Dan setelah diteliti, kembali ke lima belas saja dengan menghilangkan أَلَمۡ, أَلَمَّا, dan كَيۡفَمَا. Adapun أَلَمۡ dan أَلَمَّا, keduanya masuk ke dalam لَمۡ dan لَمَّا. Adapun كَيۡفَمَا karena ia tidak menjazmkan menurut pendapat yang shahih, sebagaimana penjelasannya akan datang insya Allah.
Perangkat ini terbagi menjadi dua bagian: Satu bagian menjazmkan satu fi'il dan satu bagian menjazmkan dua fi'il. Adapun bagian pertama yang menjazmkan satu fi'il ada enam huruf:
أَوَّلُهَا: (لَمۡ) وَهِيَ حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ، نَحۡوُ قَوۡلِكَ: (لَمۡ يَجۡتَهِدۡ زَيۡدٌ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿لَمۡ يَلِدۡ وَلَمۡ يُولَدۡ﴾ [الإخلاص: ٣] فَـ(لَمۡ) حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. وَكُلٌّ مِنۡ (يَجۡتَهِدۡ وَيَلِدۡ وَيُولَدۡ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ الظَّاهِرُ عَلَى آخِرِهِ.
وَسُمِّيَتۡ (حَرۡفُ نَفۡيٍ)؛ لِأَنَّهَا تَنۡفِي الۡحَدَثَ وَهُوَ (الۡاجۡتِهَادُ) -مَثَلًا- وَ(جَزۡمٍ)؛ لِأَنَّهَا تَجۡزِمُ الۡمُضَارِعَ، وَ(قَلۡبٍ)؛ لِأَنَّهَا تَقَلَّبَ زَمَنَ الۡمُضَارِعِ مِنَ الۡحَالِ أَوِ الۡاسۡتِقۡبَالِ إِلَى الۡمُضِيِّ، فَإِنَّ مَعۡنَى قَوۡلِكَ: (لَمۡ يَجۡتَهِدۡ زَيۡدٌ): لَمۡ يَحۡصُلۡ مِنۡهُ اجۡتِهَادٌ فِي الزَّمَانِ الۡمَاضِي.
1. لَمۡ huruf nafi, jazm, dan qalb. Contohnya ucapanmu: لَمۡ يَجۡتَهِدۡ زَيۡدٌ dan firman Allah ta'ala: لَمۡ يَلِدۡ وَلَمۡ يُولَدۡ (QS. Al-Ikhlash: 3). Jadi لَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan qalb. Setiap dari يَجۡتَهِدۡ, يَلۡدِ, dan يُولَدۡ adalah fi'il mudhari' yang dijazm dengan لَمۡ. Tanda jazmnya adalah sukun yang tampak di akhir kata.
Dinamakan huruf nafi karena menafikan peristiwa, yaitu kesungguh-sungguhan misalnya. Dan dinamakan huruf jazm karena menjazmkan fi'il mudhari'. Dan dinamakan huruf qalb karena memindahkan zaman mudhari' dari sekarang atau akan datang kepada zaman yang telah lewat. Karena makna ucapanmu: لَمۡ يَجۡتَهِدۡ زَيۡدٌ (Zaid tidak bersungguh-sungguh) adalah kesungguh-sungguhan belum diwujudkan oleh Zaid pada waktu lampau.
الثَّانِي: (لَمَّا) وَهِيَ حَرۡفٌ مِثۡلُ: (لَمۡ) فِيمَا تَقَدَّمَ، نَحۡوُ: (لَمَّا يَقُمۡ زَيۡدٌ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿لَّمَّا يَذُوقُوا عَذَابِ﴾ [ص: ٨] فَـ(لَمَّا) حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. وَكُلٌّ مِنۡ (يَقُمۡ وَيَذُوقُوا) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمَّا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ الظَّاهِرُ فِي (يَقُمۡ) وَحَذۡفُ النُّونِ فِي (يَذُوقُوا) نِيَابَةً عَنِ السُّكُونِ؛ لِأَنَّهُ مِنَ الۡاَفۡعَالِ الۡخَمۡسَةِ.
2. لَمَّا dia huruf seperti لَمۡ di atas. Contoh: لَمَّا يَقُمۡ زَيۡدٌ dan firman Allah ta'ala: لَمَّا يَذُوقُوا عَذَاب (QS. Shad: 8). Di sini, لَمَّا adalah huruf nafi, jazm, dan qalb. Setiap dari يَقُمۡ dan يَذُوقُوا adalah fi'il mudhari' yang dijazm dengan لَمَّا. Tanda jazmnya adalah sukun yang tampak pada يَقُمۡ dan hadzfun nun pada يَذُوقُوا sebagai ganti dari sukun karena termasuk af'alul khamsah.
الثَّالِثُ: (أَلَمۡ) وَهِيَ نَفۡسُ (لَمۡ)، إِلَّا أَنَّهَا اقۡتُرِنَتۡ بِهَمۡزَةِ الۡاسۡتِفۡهَامِ التَّقۡرِيرِي وَهُوَ (حَمۡلُكَ الۡمُخَاطَبَ عَلَى الۡإِقۡرَارِ وَالۡاعۡتِرَافِ بِأَمۡرٍ قَدِ اسۡتَقَرَّ عِنۡدَهُ ثُبُوتُهُ أَوۡ نَفۡيُهُ)، نَحۡوُ: (أَلَمۡ أَنۡصَحۡ لَكَ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿أَلَمۡ نَشۡرَحۡ لَكَ صَدۡرَكَ﴾ [الشرح: ١] فَـ(الۡهَمۡزَةُ) لِلۡاسۡتِفۡهَامِ التَّقۡرِيرِي. وَ(لَمۡ) حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. وَكُلٌّ مِنۡ (أَنۡصَحۡ وَنَشۡرَحۡ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ الظَّاهِرُ عَلَى آخِرِهِ.
3. أَلَمۡ asalnya adalah لَمۡ hanya saja disertai oleh huruf hamzah istifham taqriri yaitu: ungkapan untuk menggiring orang yang diajak bicara untuk menetapkan dan mengakui suatu perkara yang telah ia ketahui berlangsung atau tidaknya. Contoh: أَلَمۡ أَنۡصَحۡ لَكَ dan firman Allah ta'ala: أَلَمۡ نَشۡرَحۡ لَكَ صَدۡرَكَ (QS. Asy-Syarh: 1). Di sini huruf hamzah untuk istifham taqriri. Huruf لَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan qalb. Setiap dari أَنۡصَحۡ dan نَشۡرَحۡ adalah fi'il mudhari' yang dijazm dengan لَمۡ. Tanda jazmnya adalah sukun yang tampak di akhir kata.
الرَّابِعُ: (أَلَمَّا) وَهِيَ نَفۡسُ (لَمَّا) إِلَّا أَنَّهَا اقۡتُرِنَتۡ بِهَمۡزَةِ الۡاسۡتِفۡهَامِ التَّقۡرِيرِي نَحۡوُ: (أَلَمَّا أُحۡسِنۡ إِلَيۡكَ) فَـ(الۡهَمۡزَةُ) لِلۡاسۡتِفۡهَامِ التَّقۡرِيرِي، وَ(لَمَّا) حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. وَ(أُحۡسِنۡ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمَّا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ الظَّاهِرُ عَلَى آخِرِهِ.
4. أَلَمَّا asalnya adalah لَمَّا hanya saja disertai oleh huruf hamzah istifham taqriri. Contoh: أَلَمَّا أُحۡسِنۡ إِلَيۡكَ. Di sini huruf hamzah adalah untuk istifham taqriri. لَمَّا adalah huruf nafi, jazm, dan qalb. أُحۡسِنۡ adalah fi'il mudhari' yang dijazm dengan لَمَّا dan tanda jazmnya adalah sukun yang tampak di akhir kata.
الۡخَامِسُ: (لَامُ الۡأَمۡرِ وَالدُّعَاءِ) وَهِيَ (الَّتِي يُقۡصَدُ بِهَا طَلَبُ حُصُولِ الۡفِعۡلِ طَلَبًا جَازِمًا)، وَ(لَامُ الدُّعَاءِ) هِيَ فِي الۡحَقِيقَةِ (لَامُ الۡأَمۡرِ) لَكِنۡ سُمِّيَتۡ دُعَائِيَّةَ تَأۡدِيبًا، وَالۡفَرۡقُ بَيۡنَهُمَا: أَنَّ الۡأَمۡرَ يَكُونُ مِنَ الۡأَعۡلَى لِلۡأَدۡنَى، وَالدُّعَاءُ عَكۡسُهُ.
فَمِثَالُ (لَامِ الۡأَمۡرِ) قَوۡلُكَ لِوَلَدِكَ: (لِتَذۡهَبۡ إِلَى السُّوقِ) وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿لِيُنۡفِقۡ ذُو سَعَةٍ﴾ [الطلاق: ٧] فَـ(اللَّامُ) لَامُ الۡأَمۡرِ، وَكُلٌّ مِنۡ (تَذۡهَبۡ وَيُنۡفِقۡ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَامِ الۡأَمۡرِ)، وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ الظَّاهِرُ عَلَى آخِرِهِ.
وَمِثَالُ (لَامِ الدُّعَاءِ) قَوۡلُكَ: (لِتَغۡفِرۡ لِي يَا غَفُورُ) وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿لِيَقۡضِ عَلَيۡنَا رَبُّكَ﴾ [الزخرف: ٧٧] فَـ(اللَّامُ) لَامُ الدُّعَاءِ. وَكُلٌّ مِنۡ (تَغۡفِرۡ وَيَقۡضِ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَامِ الدُّعَاءِ) وَعَلَامَةِ جَزۡمِهِ السُّكُونُ الظَّاهِرُ فِي (تَغۡفِرۡ) وَحَذۡفُ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ وَهُوَ الۡيَاءُ فِي (يَقۡضِ) نِيَابَةً عنِ السُّكُونِ.
5. Huruf lam amr dan du'a yaitu yang dimaksudkan untuk meminta diwujudkannya suatu perbuatan dengan permintaan yang ditekankan. Lam du'a hakikatnya adalah lam amr, namun dinamakan doa dalam rangka adab. Perbedaan keduanya adalah bahwa amr (perintah) terjadi dari pihak yang lebih tinggi kepada yang lebih rendah sedangkan doa sebaliknya.
Contoh lam amr adalah ucapanmu kepada anakmu: لِتَذۡهَبۡ إِلَى السُّوقِ dan firman Allah ta'ala: لِيُنۡفِقۡ ذُو سَعَةٍ (QS. Ath-Thalaq: 7). Huruf lam di sini adalah lam amr dan setiap dari تَذۡهَبۡ dan يُنۡفِقۡ adalah fi'il mudhari' yang dijazm dengan lam amr, tanda jazmnya adalah sukun yang tampak di akhir kata.
Contoh lam du'a adalah ucapanmu: لِتَغۡفِرۡ لِي يَا غَفُورُ dan firman Allah ta'ala: لِيَقۡضِ عَلَيۡنَا رَبُّكَ (QS. Az-Zukhruf: 77). Huruf lam di sini adalah lam du'a. Setiap dari تَغۡفِرۡ dan يَقۡضِ adalah fi'il mudhari' yang dijazm dengan lam du'a. Tanda jazmnya adalah sukun yang tampak pada تَغۡفِرۡ dan dibuangnya huruf 'illah yaitu ya` pada يَقۡضِ sebagai ganti dari sukun.
السَّادِسُ: (لَا) فِي النَّهۡيِ وَالدُّعَاءِ، وَهِيَ: (الَّتِي يُقۡصَدُ بِهَا طَلَبُ تَرۡكِ الۡفِعۡلِ طَلَبًا جَازِمًا)، وَ(لَا) الدُّعَائِيَّة هِيَ فِي الۡحَقِيقَةِ (لَا) النَّاهِيَة لَكِنۡ سُمِّيَتۡ دُعَائِيَّةً؛ تَأَدُّبًا.
وَالۡفَرۡقُ بَيۡنَهُمَا أَنَّ النَّهۡيَ يَكُونُ مِنَ الۡأَعۡلَى لِلۡأَدۡنَى وَالدُّعَاءُ عَكۡسُهُ.
فَمِثَالُ (لَا) النَّاهِيَةِ قَوۡلُكَ لِوَلَدِكَ: (لَا تُشۡرِكۡ بِاللهِ) وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿وَلَا تَدۡعُ مَعَ اللهِ إِلَٰهًا ءَاخَرَ﴾ [القصص: ٨٨] فَـ(لَا) نَاهِيَةٌ، وَكُلٌّ مِنۡ (تُشۡرِكۡ وَتَدۡعُ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَا) النَّاهِيَةِ وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ فِي (تُشۡرِكۡ) وَحَذۡفُ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ وَهُوَ الۡوَاوُ فِي (تَدۡعُ).
وَمِثَالُ (لَا) الدُّعَائِيَّة قَوۡلُكَ: (رَبِّ لَا تُزِغۡ قَلۡبِي!) وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿وَلَا تُخۡزِنِي يَوۡمَ يُبۡعَثُونَ﴾ [الشعراء: ٨٧] فَـ(لَا) دُعَائِيَّةٌ. وَكُلٌّ مِنۡ (تُزِغۡ وَتُخۡزِ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَا) الدُّعَائِيَّةِ وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ الظَّاهِرُ فِي (تُزِغۡ) وَحَذۡفُ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ وَهُوَ (الۡيَاءُ) فِي (تُخۡزِ).
6. لَا dalam larangan dan doa. Yaitu, yang dimaksudkan untuk meminta ditinggalkannya suatu perbuatan dengan permintaan yang ditekankan. Dan لَا doa hakikatnya adalah لَا larangan. Dinamakan doa dalam rangka adab. Perbedaan keduanya bahwa larangan adalah dari pihak yang lebih tinggi kepada yang lebih rendah, sedangkan doa sebaliknya.
Contoh لَا larangan adalah ucapanmu kepada anakmu: لَا تُشۡرِكۡ بِاللهِ dan firman Allah ta'ala: وَلَا تَدۡعُ مَعَ اللهِ إِلَٰهًا ءَاخَرَ (QS. Al-Qashash: 88). Di sini لَا adalah larangan. Setiap dari تُشۡرِكۡ dan تَدۡعُ adalah fi'il mudhari' yang dijazm dengan لَا larangan. Tanda jazmnya adalah sukun pada تُشۡرِكۡ dan dihilangkannya huruf 'illah yaitu wawu pada تَدۡعُ.
Contoh لَا doa adalah ucapanmu: رَبِّ لَا تُزِغۡ قَلۡبِي dan firman Allah ta'ala: وَلَا تُخۡزِنِي يَوۡمَ يُبۡعَثُونَ (QS. Asy-Syu'ara`: 87). Di sini لَا adalah doa. Setiap dari تُزِغۡ dan تُخۡزِ adalah fi'il mudhari' yang dijazm dengan لَا doa. Tanda jazmnya adalah sukun yang tampak pada تُزِغۡ dan dihilangkannya huruf 'illah yaitu ya` pada تُخۡزِ.
وَهَٰذَا الۡقِسۡمُ كُلُّهُ حُرُوفٌ بِاتِّفَاقِ النَّحۡوِيِّينَ، وَهُوَ يَرۡجِعُ إِلَى أَرۡبَعَةِ أَحۡرُفٍ كَمَا رَأَيۡتَ.
Bagian ini seluruhnya merupakan huruf dengan kesepakatan ahli nahwu dan ia kembali kepada empat huruf sebagaimana telah engkau lihat.

Lihat pula: