Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1599

٢٠ – بَابُ أَخۡذِ الۡحَلَالِ وَتَرۡكِ الشُّبُهَاتِ

20. Bab mengambil yang halal dan meninggalkan yang syubhat

١٠٧ – (١٥٩٩) – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ نُمَيۡرٍ الۡهَمۡدَانِيُّ: حَدَّثَنَا أَبِي: حَدَّثَنَا زَكَرِيَّاءُ، عَنِ الشَّعۡبِيِّ، عَنِ النُّعۡمَانِ بۡنِ بَشِيرٍ. قَالَ: سَمِعۡتُهُ يَقُولُ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: - وَأَهۡوَى النُّعۡمَانُ بِإِصۡبَعَيۡهِ إِلَىٰ أُذُنَيۡهِ - (إِنَّ الۡحَلَالَ بَيِّنٌ وَإِنَّ الۡحَرَامَ بَيِّنٌ، وَبَيۡنَهُمَا مُشۡتَبِهَاتٌ لَا يَعۡلَمُهُنَّ كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ، فَمَنِ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ اسۡتَبۡرَأَ لِدِينِهِ وَعِرۡضِهِ. وَمَنۡ وَقَعَ فِي الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِي الۡحَرَامِ. كَالرَّاعِي يَرۡعَىٰ حَوۡلَ الۡحِمَىٰ. يُوشِكُ أَنۡ يَرۡتَعَ فِيهِ. أَلَا وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى. أَلَا وَإِنَّ حِمَى اللهِ مَحَارِمُهُ. أَلَا وَإِنَّ فِي الۡجَسَدِ مُضۡغَةً، إِذَا صَلَحَتۡ صَلَحَ الۡجَسَدُ كُلُّهُ، وَإِذَا فَسَدَتۡ فَسَدَ الۡجَسَدُ كُلُّهُ، أَلَا وَهِيَ الۡقَلۡبُ).
107. (1599). Muhammad bin 'Abdullah bin Numair Al-Hamdani telah menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami: Zakariyya` menceritakan kepada kami, dari Asy-Sya'bi, dari An-Nu'man bin Basyir. Asy-Sya'bin mengatakan: Aku mendengar beliau mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda -dan An-Nu'man memberi isyarat dengan dua jari ke kedua telinga beliau-, “Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya ada perkara-perkara yang syubhat yang tidak diketahui kebanyakan manusia. Sehingga siapa saja yang menjauhi yang syubhat, berarti ia telah menjaga agama dan kehormatannya. Dan siapa saja yang jatuh dalam syubhat, dia akan jatuh ke dalam yang haram. Seperti penggembala yang menggembala di sekitar daerah terlarang, hampir-hampir ia akan masuk ke dalamnya. Ketahuilah, sesungguhnya setiap raja itu memiliki daerah larangan. Ketahuilah, daerah larangan Allah adalah perkara-perkara yang diharamkanNya. Ketahuilah di dalam jasad ini ada segumpal darah. Apabila ia baik, akan baik pula seluruh jasadnya. Apabila ia rusak, akan rusak pula seluruh jasadnya. Ketahuilah, segumpal darah itu adalah kalbu.”
(…) - وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ. (ح) وَحَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: أَخۡبَرَنَا عِيسَى بۡنُ يُونُسَ. قَالَا: حَدَّثَنَا زَكَرِيَّاءُ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ... مِثۡلَهُ.
Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Waki' menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami: 'Isa bin Yunus mengabarkan kepada kami. Keduanya mengatakan: Zakariyya` menceritakan kepada kami, dengan sanad ini... semisal hadits tersebut.
(…) - وَحَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: أَخۡبَرَنَا جَرِيرٌ، عَنۡ مُطَرِّفٍ وَأَبِي فَرۡوَةَ الۡهَمۡدَانِيِّ. (ح) وَحَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا يَعۡقُوبُ - يَعۡنِي ابۡنَ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ الۡقَارِيَّ - عَنِ ابۡنِ عَجۡلَانَ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ سَعِيدٍ. كُلُّهُمۡ عَنِ الشَّعۡبِيِّ، عَنِ النُّعۡمَانِ بۡنِ بَشِيرٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، بِهٰذَا الۡحَدِيثِ. غَيۡرَ أَنَّ حَدِيثَ زَكَرِيَّاءَ أَتَمُّ مِنۡ حَدِيثِهِمۡ، وَأَكۡثَرُ.
Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami: Jarir mengabarkan kepada kami, dari Mutharrif dan Abu Farwah Al-Hamdani. (Dalam riwayat lain) Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami: Ya'qub bin 'Abdurrahman Al-Qari menceritakan kepada kami dari Ibnu 'Ajlan, dari 'Abdurrahman bin Sa'id. Mereka semua dari Asy-Sya'bi, dari An-Nu'man bin Basyir, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, dengan hadits ini. Hanya saja hadits Zakariyya` lebih sempurna daripada hadits mereka dan lebih banyak.
١٠٨ - (…) - حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡمَلِكِ بۡنُ شُعَيۡبِ بۡنِ اللَّيۡثِ بۡنِ سَعۡدٍ: حَدَّثَنَا أَبِي، عَنۡ جَدِّي: حَدَّثَنِي خَالِدُ بۡنُ يَزِيدَ: حَدَّثَنِي سَعِيدُ بۡنُ أَبِي هِلَالٍ، عَنۡ عَوۡنِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ عَامِرٍ الشَّعۡبِيِّ؛ أَنَّهُ سَمِعَ نُعۡمَانَ بۡنَ بَشِيرِ بۡنِ سَعۡدٍ، صَاحِبَ رَسُولِ اللهِ ﷺ وَهُوَ يَخۡطُبُ النَّاسَ بِحِمۡصَ. وَهُوَ يَقُولُ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (الۡحَلَالُ بَيِّنٌ وَالۡحَرَامُ بَيِّنٌ)... فَذَكَرَ بِمِثۡلِ حَدِيثِ زَكَرِيَّاءَ، عَنِ الشَّعۡبِيِّ، إِلَىٰ قَوۡلِهِ: (يُوشِكُ أَنۡ يَقَعَ فِيهِ).
108. 'Abdul Malik bin Syu'aib bin Al-Laits bin Sa'd telah menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami, dari kakekku: Khalid bin Yazid menceritakan kepadaku: Sa'id bin Hilal menceritakan kepadaku, dari 'Aun bin 'Abdullah, dari 'Amir Asy-Sya'bi; Bahwa beliau mendengar Nu'man bin Basyir bin Sa'd, sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika beliau berkhotbah di hadapan manusia di Himsh (Homs). Beliau mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas...” beliau menuturkan semisal hadits Zakariyya`, dari Asy-Sya'bi, sampai ucapan beliau, “Hampir-hampir ia jatuh ke dalamnya.”