Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 1987

٥٥ – بَابُ مَا جَاءَ فِي مُعَاشَرَةِ النَّاسِ

55. Bab tentang bergaul dengan manusia

١٩٨٧ – (حسن) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمٰنِ بۡنُ مَهۡدِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ حَبِيبِ بۡنِ أَبِي ثَابِتٍ، عَنۡ مَيۡمُونِ بۡنِ أَبِي شَبِيبٍ، عَنۡ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ: (اتَّقِ اللهَ حَيۡثُمَا كُنۡتَ، وَأَتۡبِعِ السَّيِّئَةَ الۡحَسَنَةَ تَمۡحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. [(المشكاة)(٥٠٨٣)، (الروض النضير)(٨٥٥)].
١٩٨٧ (م١) – حَدَّثَنَا مَحۡمُودُ بۡنُ غَيۡلَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو أَحۡمَدَ وَأَبُو نُعَيۡمٍ، عَنۡ سُفۡيَانَ، عَنۡ حَبِيبٍ بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ نَحۡوَهُ.
١٩٨٧ (م٢) – قَالَ مَحۡمُودٌ: وَحَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنۡ سُفۡيَانَ، عَنۡ حَبِيبِ بۡنِ أَبِي ثَابِتٍ، عَنۡ مَيۡمُونِ بۡنِ أَبِي شَبِيبٍ، عَنۡ مُعَاذِ بۡنِ جَبَلٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ نَحۡوَهُ. قَالَ مَحۡمُودٌ: وَالصَّحِيحُ حَدِيثُ أَبِي ذَرٍّ.
1987. Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: 'Abdurrahman bin Mahdi menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Habib bin Abu Tsabit, dari Maimun bin Abu Syabib, dari Abu Dzarr, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepadaku, “Bertakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada, iringilah kejelekan dengan kebaikan niscaya kebaikan itu akan menghapusnya, dan pergaulilah manusia dengan perangai yang baik.” Dalam bab ini ada hadis dari Abu Hurairah. Ini adalah hadis hasan sahih.
Mahmud bin Ghailan telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Abu Ahmad dan Abu Nu'aim menceritakan kepada kami, dari Sufyan, dari Habib dengan sanad ini semisal hadis tersebut.
Mahmud mengatakan: Waki' menceritakan kepada kami, dari Sufyan, dari Habib bin Abu Tsabit, dari Maimun bin Abu Syabib, dari Mu'adz bin Jabal, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam semisal hadis tersebut. Mahmud berkata: Yang sahih adalah hadis Abu Dzarr.