Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1930

٢٥ – بَابُ اغۡتِسَالِ الصَّائِمِ

25. Bab mandi orang yang berpuasa

وَبَلَّ ابۡنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا ثَوۡبًا فَأَلۡقَاهُ عَلَيۡهِ وَهُوَ صَائِمٌ. وَدَخَلَ الشَّعۡبِيُّ الۡحَمَّامَ وَهُوَ صَائِمٌ. وَقَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: لَا بَأۡسَ أَنۡ يَتَطَعَّمَ الۡقِدۡرَ أَوۡ الشَّيۡءَ. وَقَالَ الۡحَسَنُ: لَا بَأۡسَ بِالۡمَضۡمَضَةِ وَالتَّبَرُّدِ لِلصَّائِمِ. وَقَالَ ابۡنُ مَسۡعُودٍ: إِذَا كَانَ صَوۡمُ أَحَدِكُمۡ فَلۡيُصۡبِحۡ دَهِينًا مُتَرَجِّلًا. وَقَالَ أَنَسٌ: إِنَّ لِي أَبۡزَنَ أَتَقَحَّمُ فِيهِ وَأَنَا صَائِمٌ. وَيُذۡكَرُ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ أَنَّهُ اسۡتَاكَ وَهُوَ صَائِمٌ. وَقَالَ ابۡنُ عُمَرَ: يَسۡتَاكُ أَوَّلَ النَّهَارِ وَآخِرَهُ، وَلَا يَبۡلَعُ رِيقَهُ. وَقَالَ عَطَاءٌ: إِنِ ازۡدَرَدَ رِيقَهُ لَا أَقُولُ يُفۡطِرُ. وَقَالَ ابۡنُ سِيرِينَ: لَا بَأۡسَ بِالسِّوَاكِ الرَّطۡبِ، قِيلَ: لَهُ طَعۡمٌ، قَالَ: وَالۡمَاءُ لَهُ طَعۡمٌ، وَأَنۡتَ تُمَضۡمِضُ بِهِ. وَلَمۡ يَرَ أَنَسٌ وَالۡحَسَنُ وَإِبۡرَاهِيمُ بِالۡكُحۡلِ لِلصَّائِمِ بَأۡسًا.
Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma pernah membasahi baju lalu mengenakannya dalam keadaan beliau berpuasa.
Asy-Sya’bi pernah masuk ke kamar mandi dalam keadaan beliau berpuasa.
Ibnu ‘Abbas mengatakan: Tidak mengapa mencicipi makanan di periuk atau selainnya.
Al-Hasan mengatakan: Tidak mengapa berkumur-kumur dan mendinginkan tubuh bagi orang yang berpuasa.
Ibnu Mas’ud mengatakan: Apabila salah seorang kalian berpuasa, hendaklah di pagi harinya ia meminyaki dan menyisir rambutnya.
Anas mengatakan: Sesungguhnya aku memiliki bak air yang aku gunakan untuk berendam dalam keadaan aku berpuasa.
Disebutkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersiwak ketika sedang berpuasa. Ibnu ‘Umar mengatakan: Beliau bersiwak pada awal siang dan akhirnya dan beliau tidak menelan liurnya. ‘Atha` mengatakan: Apabila ia menelan liurnya, aku tidak mengatakan batal puasanya.
Ibnu Sirin mengatakan: Tidak mengapa menggunakan siwak yang basah. Ada yang mengatakan: Siwak basah memiliki rasa. Maka beliau mengatakan: Air pun punya rasa padahal engkau berkumur-kumur memakainya.
Anas, Al-Hasan, dan Ibrahim berpendapat tidak mengapa memakai celak bagi orang yang berpuasa.
١٩٣٠ – حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ صَالِحٍ: حَدَّثَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: حَدَّثَنَا يُونُسُ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُرۡوَةَ وَأَبِي بَكۡرٍ: قَالَتۡ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا: كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يُدۡرِكُهُ الۡفَجۡرُ فِي رَمَضَانَ مِنۡ غَيۡرِ حُلۡمٍ، فَيَغۡتَسِلُ وَيَصُومُ. [طرفه في: ١٩٢٥].
1930. Ahmad bin Shalih telah menceritakan kepada kami: Ibnu Wahb menceritakan kepada kami: Yunus menceritakan kepada kami, dari Ibnu Syihab, dari ‘Urwah dan Abu Bakr: ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memasuki waktu subuh di bulan Ramadan dalam keadaan junub bukan karena mimpi, lalu beliau mandi dan berpuasa.