Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 2553

٥ – بَابُ تَفۡسِيرِ الۡبِرِّ وَالۡإِثۡمِ

5. Bab tafsir kebajikan dan dosa

١٤ – (٢٥٥٣) – حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ حَاتِمِ بۡنِ مَيۡمُونٍ: حَدَّثَنَا ابۡنُ مَهۡدِيٍّ، عَنۡ مُعَاوِيَةَ بۡنِ صَالِحٍ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ جُبَيۡرِ بۡنِ نُفَيۡرٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنِ النَّوَّاسِ بۡنِ سَمۡعَانَ الۡأَنۡصَارِيِّ. قَالَ: سَأَلۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ عَنِ الۡبِرِّ وَالۡإِثۡمِ؟ فَقَالَ: (الۡبِرُّ حُسۡنُ الۡخُلُقِ، وَالۡإِثۡمُ مَا حَاكَ فِي صَدۡرِكَ وَكَرِهۡتَ أَنۡ يَطَّلِعَ عَلَيۡهِ النَّاسُ).
14. (2553). Muhammad bin Hatim bin Maimun telah menceritakan kepadaku: Ibnu Mahdi menceritakan kepada kami, dari Mu’awiyah bin Shalih, dari ‘Abdurrahman bin Jubair bin Nufair, dari ayahnya, dari An-Nawwas bin Sam’an Al-Anshari. Beliau mengatakan: Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai kebajikan dan dosa. Beliau bersabda, “Kebajikan adalah perangai yang baik, sedangkan dosa adalah apa saja yang menyesakkan dadamu dan engkau tidak suka hal itu terlihat oleh manusia.”
١٥ – (...) – حَدَّثَنِي هَارُونُ بۡنُ سَعِيدٍ الۡأَيۡلِيُّ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ وَهۡبٍ: حَدَّثَنِي مُعَاوِيَةُ، يَعۡنِي ابۡنَ صَالِحٍ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ جُبَيۡرِ بۡنِ نُفَيۡرٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ نَوَّاسِ بۡنِ سَمۡعَانَ. قَالَ: أَقَمۡتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ بِالۡمَدِينَةِ سَنَةً. مَا يَمۡنَعُنِي مِنَ الۡهِجۡرَةِ إِلَّا الۡمَسۡأَلَةُ. كَانَ أَحَدُنَا إِذَا هَاجَرَ لَمۡ يَسۡأَلۡ رَسُولَ اللهِ ﷺ عَنۡ شَيۡءٍ. قَالَ: فَسَأَلۡتُهُ عَنِ الۡبِرِّ وَالۡإِثۡمِ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (الۡبِرُّ حُسۡنُ الۡخُلُقِ، وَالۡإِثۡمُ مَا حَاكَ فِي نَفۡسِكَ، وَكَرِهۡتَ أَنۡ يَطَّلِعَ عَلَيۡهِ النَّاسُ).
15. Harun bin Sa’id Al-Aili telah menceritakan kepadaku: ‘Abdullah bin Wahb menceritakan kepada kami: Mu’awiyah bin Shalih menceritakan kepadaku, dari ‘Abdurrahman bin Jubair bin Nufair, dari ayahnya, dari Nawwas bin Sam’an. Beliau mengatakan: Aku sempat tinggal bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di Madinah selama setahun. Tidak ada yang menghalangi dari hijrah kecuali ada suatu masalah. Salah seorang dari kami apabila berhijrah tidak bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang satu hal pun. Beliau mengatakan: Maka, aku bertanya kepada beliau tentang kebajikan dan dosa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kebajikan adalan perangai yang baik, sedangkan dosa adalah apa saja yang membuat bimbang dalam dirimu dan engkau benci hal itu diketahui oleh manusia.”