Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 2676

١٦ – بَابُ مَا جَاءَ فِي الۡأَخۡذِ بِالسُّنَّةِ وَاجۡتِنَابِ الۡبِدَعِ

16. Bab tentang berpegang teguh dengan sunah dan menjauhi bidah

٢٦٧٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ بۡنُ الۡوَلِيدِ، عَنۡ بَحِيرِ بۡنِ سَعۡدٍ، عَنۡ خَالِدِ بۡنِ مَعۡدَانَ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ عَمۡرٍو السُّلَمِيِّ، عَنِ الۡعِرۡبَاضِ بۡنِ سَارِيَةَ، قَالَ: وَعَظَنَا رَسُولُ اللهِ ﷺ يَوۡمًا بَعۡدَ صَلَاةِ الۡغَدَاةِ مَوۡعِظَةً بَلِيغَةً ذَرَفَتۡ مِنۡهَا الۡعُيُونُ وَوَجِلَتۡ مِنۡهَا الۡقُلُوبُ، فَقَالَ رَجُلٌ: إِنَّ هَٰذِهِ مَوۡعِظَةُ مُوَدِّعٍ فَمَاذَا تَعۡهَدُ إِلَيۡنَا يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: (أُوصِيكُمۡ بِتَقۡوَى اللهِ وَالسَّمۡعِ وَالطَّاعَةِ، وَإِنۡ عَبۡدٌ حَبَشِيٌّ، فَإِنَّهُ مَنۡ يَعِشۡ مِنۡكُمۡ يَرَى اخۡتِلَافًا كَثِيرًا، وَإِيَّاكُمۡ وَمُحۡدَثَاتِ الۡأُمُورِ فَإِنَّهَا ضَلَالَةٌ فَمَنۡ أَدۡرَكَ ذٰلِكَ مِنۡكُمۡ فَعَلَيۡهِ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الۡخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الۡمَهۡدِيِّينَ، عَضُّوا عَلَيۡهَا بِالنَّوَاجِذِ). هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَقَدۡ رَوَى ثَوۡرُ بۡنُ يَزِيدَ، عَنۡ خَالِدِ بۡنِ مَعۡدَانَ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ عَمۡرٍو السُّلَمِيِّ، عَنِ الۡعِرۡبَاضِ بۡنِ سَارِيَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ نَحۡوَ هَٰذَا. [(ابن ماجه)(٤٢)].
2676. ‘Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Baqiyyah bin Al-Walid menceritakan kepada kami, dari Bahir bin Sa’d, dari Khalid bin Ma’dan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulami, dari Al-‘Irbadh bin Sariyah, beliau mengatakan: Pada suatu hari setelah salat subuh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan nasihat kepada kami suatu nasihat yang mengena, membuat air mata berlinang dan hati pun bergetar. Seseorang berkata: Sungguh ini adalah nasihat perpisahan. Lalu, apa yang engkau wasiatkan kepada kami, wahai Rasulullah? Beliau bersabda, “Aku mewasiatkan kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah, untuk mendengar dan taat meski dipimpin oleh seorang budak Habasyah (Etiopia), karena siapa saja di antara kalian yang masih hidup, ia akan melihat perselisihan yang banyak. Hati-hatilah kalian dari perkara yang diada-adakan, karena itu adalah kesesatan. Maka, siapa saja di antara kalian yang menjumpai hal itu, hendaknya ia berpegang dengan sunahku dan sunah para khalifah yang lurus dan terbimbing. Gigitlah sunah itu dengan gigi-gigi geraham.” Ini adalah hadis hasan sahih. Diriwayatkan pula oleh Tsaur bin Yazid, dari Khalid bin Ma’dan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulami, dari Al-‘Irbadh bin Sariyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal hadis ini.
٢٦٧٦ (م) – حَدَّثَنَا بِذٰلِكَ الۡحَسَنُ بۡنُ عَلِيٍّ الۡخَلَّالُ وَغَيۡرُ وَاحِدٍ، قَالُوا: حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ، عَنۡ ثَوۡرِ بۡنِ يَزِيدَ، عَنۡ خَالِدِ بۡنِ مَعۡدَانَ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ عَمۡرٍو السُّلَمِيِّ، عَنِ الۡعِرۡبَاضِ بۡنِ سَارِيَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ نَحۡوَهُ. وَالۡعِرۡبَاضُ بۡنُ سَارِيَةَ يُكۡنَى أَبَا نَجِيحٍ. وَقَدۡ رُوِيَ هَٰذَا الۡحَدِيثُ عَنۡ حُجۡرِ بۡنِ حُجۡرٍ، عَنۡ عِرۡبَاضِ بۡنِ سَارِيَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ نَحۡوَهُ.
2676. Al-Hasan bin ‘Ali Al-Khallal dan lebih dari satu orang telah menceritakan kepada kami, mereka mengatakan: Abu ‘Ashim menceritakan kepada kami, dari Tsaur bin Yazid, dari Khalid bin Ma’dan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulami, dari Al-‘Irbadh bin Sariyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal hadis itu. Al-‘Irbadh bin Sariyah berkunyah Abu Najih. Hadis ini juga diriwayatkan dari Hujr bin Hujr, dari ‘Irbadh bin Sariyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal hadis tersebut.