Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 3540

٣٥٤٠ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ إِسۡحَاقَ الۡجَوۡهَرِيُّ الۡبَصۡرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا كُثَيِّرُ بۡنُ فَائِدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ عُبَيۡدٍ، قَالَ: سَمِعۡتُ بَكۡرَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ الۡمُزَنِيَّ، يَقُولُ: حَدَّثَنَا أَنَسُ بۡنُ مَالِكٍ، قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (قَالَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: يَا ابۡنَ آدَمَ إِنَّكَ مَا دَعَوۡتَنِي وَرَجَوۡتَنِي غَفَرۡتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ وَلَا أُبَالِي، يَا ابۡنَ آدَمَ لَوۡ بَلَغَتۡ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسۡتَغۡفَرۡتَنِي غَفَرۡتُ لَكَ وَلَا أُبَالِي، يَا ابۡنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوۡ أَتَيۡتَنِي بِقُرَابِ الۡأَرۡضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِي لَا تُشۡرِكُ بِي شَيۡئًا لَأَتَيۡتُكَ بِقُرَابِهَا مَغۡفِرَةً) هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ لَا نَعۡرِفُهُ إِلَّا مِنۡ هَٰذَا الۡوَجۡهِ. [(الصحيحة) (١٢٧ و١٢٨)، (الروض النضير) (٤٣٢)، (المشكاة) (٢٣٣٦ – التحقيق الثاني)، (التعليق الرغيب) (٢/٢٦٨)].
3540. ‘Abdullah bin Ishaq Al-Jauhari Al-Bashri telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Abu ‘Ashim menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Kutsayyir bin Faid menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Sa’id bin ‘Ubaid menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Aku mendengar Bakr bin ‘Abdullah Al-Muzani mengatakan: Anas bin Malik menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah tabaraka wa ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, sesungguhnya selama engkau berdoa kepadaKu dan mengharap kepadaKu, pasti Aku ampuni engkau terhadap apa saja yang ada padamu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, seandainya dosa-dosamu mencapai awan di langit kemudian engkau meminta ampun kepadaKu, pasti Aku ampuni engkau dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, seandainya engkau mendatangiKu dengan kesalahan sepenuh bumi kemudian engkau menjumpaiKu dalam keadaan tidak menyekutukan Aku dengan sesuatu pun, pasti Aku akan datang kepadamu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” Ini adalah hadis hasan gharib, kami tidak mengetahuinya kecuali dari jalan ini.