Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1594

٤٨ – بَابُ كِسۡوَةِ الۡكَعۡبَةِ
48. Bab kiswah Kakbah

١٥٩٤ – حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَبۡدِ الۡوَهَّابِ: حَدَّثَنَا خَالِدُ بۡنُ الۡحَارِثِ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ: حَدَّثَنَا وَاصِلٌ الۡأَحۡدَبُ، عَنۡ أَبِي وَائِلٍ قَالَ: جِئۡتُ إِلَى شَيۡبَةَ. ح. وَحَدَّثَنَا قَبِيصَةُ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ وَاصِلٍ، عَنۡ أَبِي وَائِلٍ قَالَ: جَلَسۡتُ مَعَ شَيۡبَةَ عَلَى الۡكُرۡسِيِّ فِي الۡكَعۡبَةِ، فَقَالَ: لَقَدۡ جَلَسَ هَٰذَا الۡمَجۡلِسَ عُمَرُ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، فَقَالَ: لَقَدۡ هَمَمۡتُ أَنۡ لَا أَدَعَ فِيهَا صَفۡرَاءَ وَلَا بَيۡضَاءَ إِلَّا قَسَمۡتُهُ. قُلۡتُ: إِنَّ صَاحِبَيۡكَ لَمۡ يَفۡعَلَا! قَالَ: هُمَا الۡمَرۡآنِ أَقۡتَدِي بِهِمَا. [الحديث ١٥٩٤ – طرفه في: ٧٢٧٥].
1594. ‘Abdullah bin ‘Abdul Wahhab telah menceritakan kepada kami: Khalid bin Al-Harits menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami: Washil Al-Ahdab menceritakan kepada kami, dari Abu Wa`il, beliau mengatakan: Aku datang kepada Syaibah. (Dalam riwayat lain) Qabishah telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Washil, dari Abu Wa`il, beliau mengatakan: Aku duduk bersama Syaibah di atas kursi di dalam Ka’bah. Beliau mengatakan: Sungguh, ‘Umar radhiyallahu ‘anhu pernah duduk di tempat duduk ini, lalu beliau berkata: Sungguh aku berkeinginan tidak meninggalkan emas dan perak yang berada di dalam Ka’bah kecuali aku bagi-bagikan. Aku berkata: Sesungguhnya dua sahabatmu (Nabi dan Abu Bakar) tidak mengerjakannya. Beliau menjawab: Keduanya adalah orang yang aku jadikan teladan.