Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1177

١ – بَابُ مَا يُبَاحُ لِلۡمُحۡرِمِ بِحَجٍّ أَوۡ عُمۡرَةٍ وَمَا لَا يُبَاحُ، وَبَيَانِ تَحۡرِيمِ الطِّيبِ عَلَيۡهِ
1. Bab apa saja yang dibolehkan dan tidak dibolehkan bagi orang yang berihram untuk haji atau umrah dan penjelasan pengharaman wewangian baginya

١ – (١١٧٧) – حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ قَالَ: قَرَأۡتُ عَلَىٰ مَالِكٍ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ رَسُولَ اللهِ ﷺ: مَا يَلۡبَسُ الۡمُحۡرِمُ مِنَ الثِّيَابِ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا تَلۡبَسُوا الۡقُمُصَ، وَلَا الۡعَمَائِمَ، وَلَا السَّرَاوِيلَاتِ، وَلَا الۡبَرَانِسَ، وَلَا الۡخِفَافَ، إِلَّا أَحَدٌ لَا يَجِدُ النَّعۡلَيۡنِ، فَلۡيَلۡبَسِ الۡخُفَّيۡنِ، وَلۡيَقۡطَعۡهُمَا أَسۡفَلَ مِنَ الۡكَعۡبَيۡنِ، وَلَا تَلۡبَسُوا مِنَ الثِّيَابِ شَيۡئًا مَسَّهُ الزَّعۡفَرَانُ وَلَا الۡوَرۡسُ).
1. (1177). Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Aku membaca di hadapan Malik, dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: Pakaian apa yang boleh dipakai oleh orang yang berihram? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kalian jangan memakai gamis, serban, sirwal (celan), burnus (jubah yang mempunyai penutup kepala), dan khuf (sejenis sepatu). Kecuali seseorang yang tidak mendapatkan dua sandal, maka dia boleh memakai khuf dan ia potong lebih rendah daripada dua mata kaki. Dan kalian jangan memakai pakaian yang diberi safron atau wars (pewarna kuning dari tanaman).”
٢ – (...) – وَحَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَى وَعَمۡرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ. كُلُّهُمۡ عَنِ ابۡنِ عُيَيۡنَةَ قَالَ يَحۡيَى: أَخۡبَرَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ سَالِمٍ، عَنۡ أَبِيهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: سُئِلَ النَّبِيُّ ﷺ: مَا يَلۡبَسُ الۡمُحۡرِمُ؟ قَالَ: (لَا يَلۡبَسُ الۡمُحۡرِمُ الۡقَمِيصَ، وَلَا الۡعِمَامَةَ، وَلَا الۡبُرۡنُسَ، وَلَا السَّرَاوِيلَ، وَلَا ثَوۡبًا مَسَّهُ وَرۡسٌ وَلَا زَعۡفَرَانٌ وَلَا الۡخُفَّيۡنِ، إِلَّا أَنۡ لَا يَجِدَ نَعۡلَيۡنِ فَلۡيَقۡطَعۡهُمَا، حَتَّىٰ يَكُونَا أَسۡفَلَ مِنَ الۡكَعۡبَيۡنِ).
[البخاري: كتاب اللباس، باب العمائم، رقم: ٥٨٠٦].
2. Yahya bin Yahya, ‘Amr An-Naqid, dan Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami. Semuanya dari Ibnu ‘Uyainah. Yahya mengatakan: Sufyan bin ‘Uyainah mengabarkan kepada kami, dari Az-Zuhri, dari Salim, dari ayahnya radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya: Apa yang boleh dipakai seorang yang berihram? Beliau menjawab, “Seorang yang berihram tidak boleh memakai gamis, serban, burnus, sirwal, pakaian yang diberi wars atau safron, dan dua khuf. Kecuali ia tidak mendapatkan dua sandal, maka ia potong khuf tersebut sehingga menjadi di bawah dua mata kaki.”
٣ – (...) – وَحَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ قَالَ: قَرَأۡتُ عَلَىٰ مَالِكٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ دِينَارٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، أَنَّهُ قَالَ: نَهَىٰ رَسُولُ اللهِ ﷺ أَنۡ يَلۡبَسَ الۡمُحۡرِمُ مَصۡبُوغًا بِزَعۡفَرَانٍ أَوۡ وَرۡسٍ، وَقَالَ: (مَنۡ لَمۡ يَجِدۡ نَعۡلَيۡنِ فَلۡيَلۡبَسِ الۡخُفَّيۡنِ، وَلۡيَقۡطَعۡهُمَا أَسۡفَلَ مِنَ الۡكَعۡبَيۡنِ).
[البخاري: كتاب اللباس، باب النعال السبتية وغيرها، رقم: ٥٨٥٢].
3. Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Aku membaca di hadapan Malik, dari ‘Abdullah bin Dinar, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwa beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang seorang yang berihram memakai pakaian yang dicelup safron atau wars. Beliau juga bersabda, “Siapa saja yang tidak mendapatkan dua sandal, maka ia memakai dua khuf dan ia potong di bawah dua mata kaki.”