Cari Blog Ini

Ad-Dararil Mudhiyyah - Penjelasan Manasik Haji (2)

وَفِي الۡبَابِ أَحَادِيثُ فِي صَحِيحِ مُسۡلِمٍ وَغَيۡرِهِ مِنۡ حَدِيثِ أَنَسٍ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ أَتَى مِنًى فَأَتَى الۡجَمۡرَةَ فَرَمَاهَا، ثُمَّ أَتَى مَنۡزِلَهُ بِمِنًى وَنَحَرَ ثُمَّ قَالَ لِلۡحَلَّاقِ: (خُذۡ)، وَأَشَارَ إِلَى جَانِبِهِ الۡأَيۡمَنِ ثُمَّ الۡأَيۡسَرِ، ثُمَّ جَعَلَ يُعۡطِيهِ النَّاسَ. وَفِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا مِنۡ حَدِيثِ أَبِي هُرَيۡرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (اللّٰهُمَّ اغۡفِرۡ لِلۡمُحَلِّقِينَ)، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ وَلِلۡمُقَصِّرِينَ! قَالَ: (اللّٰهُمَّ اغۡفِرۡ لِلۡمُحَلِّقِينَ)؛ قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ وَلِلۡمُقَصِّرِينَ! قَالَ: (اللّٰهُمَّ اغۡفِرۡ لِلۡمُحَلِّقِينَ)؛ قَالُوا: وَلِلۡمُقَصِّرِينَ، قَالَ: (وَلِلۡمُقَصِّرِينَ). وَأَخۡرَجَ أَحۡمَدُ، وَأَبُو دَاوُدَ، وَالنَّسَائِيُّ، وَابۡنُ مَاجَهۡ مِنۡ حَدِيثِ ابۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِذَا رَمَيۡتُمُ الۡجَمۡرَةَ فَقَدۡ حَلَّ لَكُمۡ كُلُّ شَيۡءٍ إِلَّا النِّسَاءَ).
Di dalam bab ini ada hadis-hadis di dalam kitab Shahih Muslim[1] dan selain beliau dari hadis Anas: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Mina, lalu mendatangi jamrah dan melemparinya. Kemudian beliau mendatangi tempat singgahnya di Mina dan menyembelih. Kemudian beliau berkata kepada tukang cukur, “Cukurlah!” Beliau memberi isyarat ke sisi kanan kemudian sisi kiri. Kemudian beliau memberikan rambut beliau kepada orang-orang. Dan di dalam dua kitab Shahih[2] dan selain keduanya dari hadis Abu Hurairah, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ya Allah, ampunilah orang-orang yang menggundul kepalanya.” Para sahabat berkata: Wahai Rasulullah, juga untuk orang-orang yang memangkas pendek seluruh rambutnya. Beliau bersabda, “Ya Allah, ampunilah orang-orang yang menggundul kepalanya. Para sahabat berkata: Wahai Rasulullah, juga untuk orang-orang yang memangkas pendek rambutnya. Beliau bersabda, “Ya Allah ampunilah orang-orang yang menggundul kepalanya.” Para sahabat berkata: Dan untuk orang-orang yang memangkas pendek rambutnya. Beliau bersabda, “Dan untuk orang-orang yang memangkas pendek rambutnya.” Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa`i, dan Ibnu Majah[3] mengeluarkan riwayat dari hadis Ibnu ‘Abbas, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila kalian telah melempari jamrah, maka segala sesuatu telah halal bagi kalian kecuali para wanita.”
وَفِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا مِنۡ حَدِيثِ ابۡنِ عُمَرَ قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ وَأَتَاهُ رَجُلٌ يَوۡمَ النَّحۡرِ وَهُوَ وَاقِفٌ عِنۡدَ الۡجَمۡرَةِ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، حَلَّقۡتُ قَبۡلَ أَنۡ أَرۡمِيَ، قَالَ: (ارۡمِ وَلَا حَرَجَ). وَأَتَاهُ رَجُلٌ آخَرُ فَقَالَ: ذَبَحۡتُ قَبۡلَ أَنۡ أَرۡمِيَ، قَالَ: (ارۡمِ وَلَا حَرَجَ). وَأَتَاهُ آخَرُ فَقَالَ: إِنِّي أَفَضۡتُ إِلَى الۡبَيۡتِ قَبۡلَ أَنۡ أَرۡمِيَ، فَقَالَ: (ارۡمِ وَلَا حَرَجَ). وَفِي رِوَايَةٍ فِيهِمَا: فَمَا سُئِلَ عَنۡ شَيۡءٍ يَوۡمَئِذٍ إِلَّا قَالَ (افۡعَلۡ وَلَا حَرَجَ).
Dan di dalam dua kitab Shahih[4] dan selain keduanya dari hadis Ibnu ‘Umar, beliau mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ada seseorang yang mendatangi beliau pada hari nahar dan beliau sedang berhenti di dekat jamrah. Orang itu berkata: Wahai Rasulullah, aku telah menggundul kepala sebelum melempar. Beliau bersabda, “Lemparlah! Tidak ada dosa.” Seseorang yang lain datang kepada beliau dan berkata: Aku sudah menyembelih sebelum melempar. Beliau bersabda, “Lemparlah! Tidak ada dosa.” Seorang yang lain datang kepada beliau dan berkata: Aku sudah tawaf ifadhah ke Kakbah sebelum melempar. Beliau bersabda, “Lemparlah! Tidak ada dosa.” Di dalam riwayat lain dalam dua kitab Shahih[5]: Tidaklah beliau ditanya sesuatu pun pada hari itu kecuali beliau mengatakan, “Lakukanlah! Tidak ada dosa.”
وَأَخۡرَجَ أَحۡمَدُ مِنۡ حَدِيثِ عَلِيٍّ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ حَلَّقۡتُ قَبۡلَ أَنۡ أَنۡحَرَ، قَالَ: (انۡحَرۡ وَلَا حَرَجَ). ثُمَّ أَتَاهُ آخَرُ فَقَالَ: إِنِّي أَفَضۡتُ قَبۡلَ أَنۡ أَحۡلِقَ، قَالَ: (احۡلِقۡ أَوۡ قَصِّرۡ وَلَا حَرَجَ). وَفِي لَفۡظٍ لِلتِّرۡمِذِيِّ وَصَحَّحَهُ قَالَ: إِنِّي أَفَضۡتُ قَبۡلَ أَنۡ أَحۡلِقَ، وَفِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قِيلَ لَهُ فِي الذَّبۡحِ وَالۡحَلۡقِ وَالرَّمۡيِ وَالتَّقۡدِيمِ وَالتَّأۡخِيرِ فَقَالَ: (لَا حَرَجَ).
Ahmad[6] telah mengeluarkan riwayat dari hadis ‘Ali, beliau berkata: Seseorang datang dan berkata: Wahai Rasulullah, aku telah menggundul kepala sebelum menyembelih. Beliau bersabda, “Sembelihlah! Tidak ada dosa.” Kemudian ada orang lain yang berkata: Aku sudah tawaf ifadhah sebelum menggundul kepala. Beliau bersabda, “Gundullah atau cukurlah! Tidak ada dosa.” Di dalam lafal At-Tirmidzi[7] dan beliau menyahihkannya, beliau berkata: Sesungguhnya aku telah tawaf ifadhah sebelum menggundul kepala. Dan di dalam dua kitab Shahih[8] dan selain keduanya, dari Ibnu ‘Abbas: Bahwa dikatakan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang menyembelih, menggundul, melempar, mendahulukan, dan mengakhirkan, lalu Nabi bersabda, “Tidak ada dosa.”

[3] HR. Ahmad (1/234), An-Nasa`i (5/277), Ibnu Majah nomor 3041, dan Abu Dawud. Hadis ini munqathi’. Al-Hasan Al-‘Urani tidak mendengar dari Ibnu ‘Abbas. Hal ini diucapkan oleh Ahmad dan selain beliau. Namun hadis ini hasan lighairih dengan hadis Ibnuz Zubair riwayat Al-Hakim (1/461) dan sanadnya sahih. 
[6] (1/76). 
[7] Nomor 885 dan hadis ini hasan lighairih

Simak penjelasan Al-Ustadz Qomar Su'aidi hafizhahullah di sini.