Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 885

٥٤ – بَابُ مَا جَاءَ أَنَّ عَرَفَةَ كُلَّهَا مَوۡقِفٌ
54. Bab tentang bahwa seluruh Arafah adalah tempat wukuf

٨٨٥ – (حسن) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو أَحۡمَدَ الزُّبَيۡرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ الۡحَارِثِ بۡنِ عَيَّاشِ بۡنِ أَبِي رَبِيعَةَ، عَنۡ زَيۡدِ بۡنِ عَلِيٍّ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي رَافِعٍ، عَنۡ عَلِيِّ بۡنِ أَبِي طَالِبٍ، قَالَ: وَقَفَ رَسُولُ اللهِ ﷺ بِعَرَفَةَ، فَقَالَ: (هٰذِهِ عَرَفَةُ، وَهُوَ الۡمَوۡقِفُ، وَعَرَفَةُ كُلُّهَا مَوۡقِفٌ)، ثُمَّ أَفَاضَ حِينَ غَرَبَتِ الشَّمۡسُ، وَأَرۡدَفَ أُسَامَةَ بۡنَ زَيۡدٍ، وَجَعَلَ يُشِيرُ بِيَدِهِ عَلَى هَيۡئَتِهِ، وَالنَّاسُ يَضۡرِبُونَ يَمِينًا وَشِمَالًا، يَلۡتَفِتُ إِلَيۡهِمۡ وَيَقُولُ: (يَا أَيُّهَا النَّاسُ، عَلَيۡكُمُ السَّكِينَةَ)، ثُمَّ أَتَى جَمۡعًا فَصَلَّى بِهِمُ الصَّلَاتَيۡنِ جَمِيعًا، فَلَمَّا أَصۡبَحَ أَتَى قُزَحَ، فَوَقَفَ عَلَيۡهِ وَقَالَ: (هَٰذَا قُزَحُ وَهُوَ الۡمَوۡقِفُ، وَجَمۡعٌ كُلُّهَا مَوۡقِفٌ)، ثُمَّ أَفَاضَ حَتَّى انۡتَهَى إِلَى وَادِي مُحَسِّرٍ، فَقَرَعَ نَاقَتَهُ فَخَبَّتۡ حَتَّى جَاوَزَ الۡوَادِي فَوَقَفَ، وَأَرۡدَفَ الۡفَضۡلَ ثُمَّ أَتَى الۡجَمۡرَةَ فَرَمَاهَا ثُمَّ أَتَى الۡمَنۡحَرَ فَقَالَ: (هَٰذَا الۡمَنۡحَرُ، وَمِنًى كُلُّهَا مَنۡحَرٌ)، وَاسۡتَفۡتَتۡهُ جَارِيَةٌ شَابَّةٌ مِنۡ خَثۡعَمٍ. فَقَالَتۡ: إِنَّ أَبِي شَيۡخٌ كَبِيرٌ قَدۡ أَدۡرَكَتۡهُ فَرِيضَةُ اللهِ فِي الۡحَجِّ، أَفَيُجۡزِىءُ أَنۡ أَحُجَّ عَنۡهُ؟ قَالَ: (حُجِّي عَنۡ أَبِيكِ)، قَالَ: وَلَوَى عُنُقَ الۡفَضۡلِ، فَقَالَ الۡعَبَّاسُ: يَا رَسُولَ اللهِ لِمَ لَوَيۡتَ عُنُقَ ابۡنَ عَمِّكَ؟ قَالَ: (رَأَيۡتُ شَابًّا وَشَابَّةً، فَلَمۡ آمَنِ الشَّطَانَ عَلَيۡهِمَا) ثُمَّ أَتَاهُ رَجُلٌ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنِّي أَفَضۡتُ قَبۡلَ أَنۡ أَحۡلِقَ. قَالَ: (احۡلِقۡ، أَوۡ قَصِّرۡ وَلَا حَرَجَ). قَالَ: وَجَاءَ آخَرُ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنِّي ذَبَحۡتُ قَبۡلَ أَنۡ أَرۡمِيَ، قَالَ: (ارۡمِ وَلَا حَرَجَ). قَالَ: ثُمَّ أَتَى الۡبَيۡتَ فَطَافَ بِهِ ثُمَّ أَتَى زَمۡزَمَ فَقَالَ: (يَا بَنِي عَبۡدِ الۡمُطَّلِبِ لَوۡ لَا أَنۡ يَغۡلِبَكُمُ النَّاسُ عَنۡهُ، لَنَزَعۡتُ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ جَابِرٍ. حَدِيثُ عَلِيٍّ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ، لَا نَعۡرِفُهُ مِنۡ حَدِيثِ عَلِيٍّ إِلَّا مِنۡ هٰذَا الۡوَجۡهِ مِنۡ حَدِيثِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ الۡحَارِثِ بۡنِ عَيَّاشٍ، وَقَدۡ رَوَاهُ غَيۡرُ وَاحِدٍ عَنِ الثَّوۡرِيِّ، مِثۡلَ هٰذَا. وَالۡعَمَلُ عَلَى هٰذَا عِنۡدَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ؛ رَأَوۡ أَنۡ يُجۡمَعَ بَيۡنَ الظُّهۡرِ وَالۡعَصۡرِ بِعَرَفَةَ، فِي وَقۡتِ الظُّهۡرِ. وَقَالَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ: إِذَا صَلَّى الرَّجُلُ فِي رَحۡلِهِ، وَلَمۡ يَشۡهَدِ الصَّلَاةَ مَعَ الۡإِمَامِ، إِنۡ شَاءَ جَمَعَ هُوَ بَيۡنَ الصَّلَاتَيۡنِ مِثۡلَ مَا صَنَعَ الۡإِمَامُ. وَزَيۡدُ بۡنُ عَلِيٍّ هُوَ: ابۡنُ حُسَيۡنِ بۡنِ عَلِيِّ بۡنِ أَبِي طَالِبٍ. [(حجاب المرأة)، (الحج الكبير)(٢٨)].
885. Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Abu Ahmad Az-Zubairi menceritakan kepada kami, beliau berkata: Sufyan menceritakan kepada kami, dari ‘Abdurrahman ibnul Harits bin ‘Ayyasy bin Abu Rabi’ah, dari Zaid bin ‘Ali, dari ayahnya, dari ‘Ubaidullah bin Abu Rafi’, dari ‘Ali bin Abu Thalib, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wukuf di Arafah, beliau bersabda, “Ini adalah Arafah dan ini adalah tempat wukuf. Dan seluruh Arafah adalah tempat wukuf.” Kemudian beliau bertolak ketika matahari telah terbenam. Beliau memboncengkan Usamah bin Zaid. Beliau memberi isyarat dengan tangannya seperti kebiasaan beliau dan orang-orang berdesak-desakan ke kanan dan ke kiri, beliau menoleh ke arah mereka dan bersabda, “Wahai sekalian manusia, kalian wajib untuk tenang.” Kemudian beliau datang ke Muzdalifah dan salat di sana dua salat sekaligus. Ketika telah subuh, beliau datang ke Quzah, beliau berhenti di sana dan bersabda, “Ini adalah Quzah dan ini juga tempat wukuf. Dan seluruh Muzdalifah adalah tempat wukuf.” Kemudian beliau bertolak sampai tiba di lembah Muhassir. Beliau memacu untanya sehingga unta itu berjalan cepat sehingga melewati lembah itu kemudian beliau berhenti. Lalu beliau memboncengkan Al-Fadhl kemudian mendatangi jamrah dan melemparinya. Kemudian beliau datang ke tempat penyembelihan dan bersabda, “Ini adalah tempat penyembelihan dan seluruh Mina adalah tempat penyembelihan.” Ada seorang perempuan belia dari Khats’am yang meminta fatwa kepada beliau. Perempuan itu berkata: Sesungguhnya ayahku seorang yang tua renta yang telah mendapati kewajian Allah untuk haji, apakah cukup aku menghajikannya? Nabi bersabda, “Berhajilah untuk ayahmu.” Beliau berkata: Nabi memalingkan leher Al-Fadhl. Al-‘Abbas berkata: Wahai Rasulullah, mengapa engkau memalingkan leher putra pamanmu? Beliau bersabda, “Aku melihat seorang pemuda dan seorang pemudi, sehingga aku tidak merasa aman dari setan terhadap mereka berdua.” Kemudian ada seseorang datang kepadanya dan berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku sudah menyembelih sebelum melempar. Beliau bersabda, “Lemparlah! Tidak ada dosa.” Beliau berkata: Kemudian beliau datang ke Kakbah, tawaf, lalu mendatangi Zamzam dan bersabda, “Wahai Bani ‘Abdul Muththalib, seandainya bukan karena khawatir orang-orang akan ikut menimbanya tentu aku akan ikut menimba.” Di dalam bab ini ada riwayat dari Jabir. Hadis ‘Ali adalah hadis hasan sahih. Kami tidak mengetahuinya dari hadis ‘Ali kecuali dari jalur ini dari hadis ‘Abdurrahman ibnul Harits bin ‘Ayyas. Lebih dari satu orang telah meriwayatkannya dari Ats-Tsauri semisal hadis ini. Para ulama beramal di atas dasar hadis ini. Mereka berpendapat menjamak salat Zuhur dan Asar di Arafah di waktu Zuhur. Sebagian ulama mengatakan: Apabila seseorang sudah salat di rumahnya, dan tidak mengikuti salat bersama imam, jika mau dia bisa menjamak dua salat itu seperti yang dilakukan oleh imam. Zaid bin ‘Ali adalah putra Husain bin ‘Ali bin Abu Thalib.