Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1184

٣ – بَابُ التَّلۡبِيَةِ وَصِفَتِهَا وَوَقۡتِهَا
3. Bab talbiah, sifatnya, dan waktunya

١٩ – (١١٨٤) – حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ التَّمِيمِيُّ قَالَ: قَرَأۡتُ عَلَىٰ مَالِكٍ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا؛ أَنَّ تَلۡبِيَةَ رَسُولِ اللهِ ﷺ: (لَبَّيۡكَ اللّٰهُمَّ لَبَّيۡكَ، لَبَّيۡكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيۡكَ، إِنَّ الۡحَمۡدَ وَالنِّعۡمَةَ لَكَ وَالۡمُلۡكَ لَا شَرِيكَ لَكَ).
قَالَ: وَكَانَ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا يَزِيدُ فِيهَا: لَبَّيۡكَ، لَبَّيۡكَ وَسَعۡدَيۡكَ، وَالۡخَيۡرُ بِيَدَيۡكَ، لَبَّيۡكَ وَالرَّغۡبَاءُ إِلَيۡكَ وَالۡعَمَلُ.
19. (1184). Yahya bin Yahya At-Tamimi telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Aku membaca di hadapan Malik, dari Nafi’, dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma; Bahwa talbiah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah, “Aku penuhi panggilanMu ya Allah, aku penuhi panggilanMu. Aku penuhi panggilanMu, tidak ada sekutu bagiMu, aku penuhi panggilanMu. Sesungguhnya segala pujian, nikmat, dan kerajaan adalah milikMu, tidak ada sekutu bagiMu.”
Dia berkata: ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma menambahkan di dalam kalimat talbiah itu: Aku penuhi panggilanMu. Aku penuhi panggilanMu dengan senang hati dan seluruh kebaikan di kedua tanganMu. Aku penuhi panggilanMu, segala harapan dan amalan adalah untukMu.
٢٠ – (...) – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبَّادٍ: حَدَّثَنَا حَاتِمٌ – يَعۡنِي ابۡنَ إِسۡمَاعِيلَ – عَنۡ مُوسَى بۡنِ عُقۡبَةَ، عَنۡ سَالِمِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ، وَنَافِعٍ مَوۡلَىٰ عَبۡدِ اللهِ. وَحَمۡزَةَ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ كَانَ إِذَا اسۡتَوَتۡ بِهِ رَاحِلَتُهُ قَائِمَةً عِنۡدَ مَسۡجِدِ ذِي الۡحُلَيۡفَةِ، أَهَلَّ فَقَالَ: (لَبَّيۡكَ اللّٰهُمَّ لَبَّيۡكَ، لَبَّيۡكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيۡكَ، إِنَّ الۡحَمۡدَ وَالنِّعۡمَةَ لَكَ وَالۡمُلۡكَ لَا شَرِيكَ لَكَ).
قَالُوا: وَكَانَ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا يَقُولُ: هٰذِهِ تَلۡبِيَةُ رَسُولِ اللهِ ﷺ.
قَالَ نَافِعٌ: كَانَ عَبۡدُ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ يَزِيدُ مَعَ هٰذَا: لَبَّيۡكَ لَبَّيۡكَ وَسَعۡدَيۡكَ، وَالۡخَيۡرُ بِيَدَيۡكَ لَبَّيۡكَ، وَالرَّغۡبَاءُ إِلَيۡكَ وَالۡعَمَلُ.
20. Muhammad bin ‘Abbad telah menceritakan kepada kami: Hatim bin Isma’il menceritakan kepada kami, dari Musa bin ‘Uqbah, dari Salim bin ‘Abdullah bin ‘Umar, Nafi’ maula ‘Abdullah, dan Hamzah bin ‘Abdullah, dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila tunggangan beliau telah berdiri sempurna di dekat masjid Dzul Hulaifah, beliau memulai ihram. Lalu beliau bersabda, “Aku penuhi panggilanMu ya Allah, aku penuhi panggilanMu. Aku penuhi panggilanMu, tidak ada sekutu bagiMu, aku penuhi panggilanMu. Sesungguhnya segala pujian, nikmat, dan kerajaan adalah milikMu, tidak ada sekutu bagiMu.”
Mereka mengatakan: ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma pernah berkata: Ini adalah talbiah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Nafi’ mengatakan: ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhu menambahkan ini setelahnya: Aku penuhi panggilanMu, aku penuhi panggilanMu dengan senang hati. Seluruh kebaikan berada di kedua tanganMu, aku penuhi panggilanMu. Seluruh harapan dan amalan adalah untukMu.
(...) – وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا يَحۡيَى – يَعۡنِي ابۡنَ سَعِيدٍ – عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ: أَخۡبَرَنِي نَافِعٌ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: تَلَقَّفۡتُ التَّلۡبِيَةَ مِنۡ فِي رَسُولِ اللهِ ﷺ: فَذَكَرَ بِمِثۡلِ حَدِيثِهِمۡ.
Muhammad ibnul Mutsanna telah menceritakan kepada kami: Yahya bin Sa’id menceritakan kepada kami dari ‘Ubaidullah: Nafi’ mengabarkan kepadaku, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan: Aku menghafal kalimat talbiah dari mulut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau menyebutkan semisal hadis mereka.
٢١ – (...) – وَحَدَّثَنِي حَرۡمَلَةُ بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: أَخۡبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ. قَالَ: فَإِنَّ سَالِمَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ أَخۡبَرَنِي عَنۡ أَبِيهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يُهِلُّ مُلَبِّدًا يَقُولُ: (لَبَّيۡكَ اللّٰهُمَّ لَبَّيۡكَ، لَبَّيۡكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيۡكَ، إِنَّ الۡحَمۡدَ وَالنِّعۡمَةَ لَكَ وَالۡمُلۡكَ لَا شَرِيكَ لَكَ) لَا يَزِيدُ عَلَىٰ هٰؤُلَاءِ الۡكَلِمَاتِ.
وَإِنَّ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا كَانَ يَقُولُ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَرۡكَعُ بِذِي الۡحُلَيۡفَةِ رَكۡعَتَيۡنِ، ثُمَّ إِذَا اسۡتَوَتۡ بِهِ النَّاقَةُ قَائِمَةً عِنۡدَ مَسۡجِدِ ذِي الۡحُلَيۡفَةِ، أَهَلَّ بِهٰؤُلَاءِ الۡكَلِمَاتِ.
وَكَانَ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا يَقُولُ: كَانَ عُمَرُ بۡنُ الۡخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ يُهِلُّ بِإِهۡلَالِ رَسُولِ اللهِ ﷺ مِنۡ هٰؤُلَاءِ الۡكَلِمَاتِ وَيَقُولُ: لَبَّيۡكَ اللّٰهُمَّ لَبَّيۡكَ، لَبَّيۡكَ وَسَعۡدَيۡكَ، وَالۡخَيۡرُ فِي يَدَيۡكَ لَبَّيۡكَ، وَالرَّغۡبَاءُ إِلَيۡكَ وَالۡعَمَلُ.
21. Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepadaku: Ibnu Wahb mengabarkan kepada kami: Yunus mengabarkan kepadaku, dari Ibnu Syihab. Beliau mengatakan: Sesungguhnya Salim bin ‘Abdullah bin ‘Umar mengabarkan kepadaku, dari ayahnya radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika memulai ihram dalam keadaan beliau merekatkan rambut, beliau bersabda, “Aku penuhi panggilanMu ya Allah, aku penuhi panggilanMu. Aku penuhi panggilanMu, tidak ada sekutu bagiMu, aku penuhi panggilanMu. Sesungguhnya segala pujian, nikmat, dan kerajaan adalah milikMu, tidak ada sekutu bagiMu.” Beliau tidak menambahi kalimat-kalimat ini.
Sesungguhnya ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam salat dua rakaat di Dzul Hulaifah. Kemudian ketika unta beliau sudah berdiri tegak di dekat masjid Dzul Hulaifah, beliau memulai ihram dengan kalimat-kalimat ini.
‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma mengatakan: ‘Umar ibnul Khaththab radhiyallahu ‘anhu dahulu memulai ihram dengan ihlalnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari kalimat-kalimat ini dan beliau juga berkata: Aku penuhi panggilanMu ya Allah, aku penuhi panggilanMu dengan senang hati. Seluruh kebaikan di kedua tanganMu, aku penuhi panggilanMu. Seluruh harapan dan amalan adalah untukMu.