Shahih Muslim hadits nomor 1109

١٣ – بَابُ صِحَّةِ صَوۡمِ مَنۡ طَلَعَ عَلَيۡهِ الۡفَجۡرُ وَهُوَ جُنُبٌ
13. Bab sahnya puasa siapa saja yang masih dalam keadaan junub ketika fajar terbit

٧٥ – (١١٠٩) – حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ سَعِيدٍ، عَنِ ابۡنِ جُرَيۡجٍ. (ح) وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ رَافِعٍ – وَاللَّفۡظُ لَهُ -: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ بۡنُ هَمَّامٍ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ جُرَيۡجٍ: أَخۡبَرَنِي عَبۡدُ الۡمَلِكِ بۡنُ أَبِي بَكۡرِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ أَبِي بَكۡرٍ، قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ يَقُصُّ، يَقُولُ فِي قَصَصِهِ: مَنۡ أَدۡرَكَهُ الۡفَجۡرُ جُنُبًا فَلَا يَصُمۡ. فَذَكَرۡتُ ذٰلِكَ لِعَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ الۡحَارِثِ – لِأَبِيهِ – فَأَنۡكَرَ ذٰلِكَ. فَانۡطَلَقَ عَبۡدُ الرَّحۡمٰنِ وَانۡطَلَقۡتُ مَعَهُ حَتَّىٰ دَخَلۡنَا عَلَىٰ عَائِشَةَ وَأُمِّ سَلَمَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، فَسَأَلَهُمَا عَبۡدُ الرَّحۡمٰنِ عَنۡ ذٰلِكَ، قَالَ: فَكِلۡتَاهُمَا قَالَتۡ: كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يُصۡبِحُ جُنُبًا مِنۡ غَيۡرِ حُلُمٍ ثُمَّ يَصُومُ. قَالَ: فَانۡطَلَقۡنَا حَتَّى دَخَلۡنَا عَلَىٰ مَرۡوَانَ، فَذَكَرَ ذٰلِكَ لَهُ عَبۡدُ الرَّحۡمٰنِ. فَقَالَ مَرۡوَانُ: عَزَمۡتُ عَلَيۡكَ إِلَّا مَا ذَهَبۡتَ إِلَىٰ أَبِي هُرَيۡرَةَ، فَرَدَدۡتَ عَلَيۡهِ مَا يَقُولُ. قَالَ: فَجِئۡنَا أَبَا هُرَيۡرَةَ، وَأَبُو بَكۡرٍ حَاضِرُ ذٰلِكَ كُلِّهِ، قَالَ: فَذَكَرَ لَهُ عَبۡدُ الرَّحۡمٰنِ. فَقَالَ أَبُو هُرَيۡرَةَ: أَهُمَا قَالَتَاهُ لَكَ؟ قَالَ: نَعَمۡ. قَالَ: هُمَا أَعۡلَمُ.
ثُمَّ رَدَّ أَبُو هُرَيۡرَةَ مَا كَانَ يَقُولُ فِي ذٰلِكَ إِلَى الۡفَضۡلِ بۡنِ الۡعَبَّاسِ. فَقَالَ أَبُو هُرَيۡرَةَ: سَمِعۡتُ ذٰلِكَ مِنَ الۡفَضۡلِ، وَلَمۡ أَسۡمَعۡهُ مِنَ النَّبِيِّ ﷺ.
قَالَ: فَرَجَعَ أَبُو هُرَيۡرَةَ عَمَّا كَانَ يَقُولُ فِي ذٰلِكَ.
قُلۡتُ: لِعَبۡدِ الۡمَلِكِ: أَقَالَتَا: فِي رَمَضَانَ؟ قَالَ: كَذٰلِكَ. كَانَ يُصۡبِحُ جُنُبًا مِنۡ غَيۡرِ حُلُمٍ ثُمَّ يَصُومُ.
75. (1109). Muhammad bin Hatim telah menceritakan kepadaku: Yahya bin Sa’id menceritakan kepada kami, dari Ibnu Juraij. (Dalam riwayat lain) Muhammad bin Rafi’ telah menceritakan kepadaku –dan redaksi hadis ini milik beliau-: ‘Abdurrazzaq bin Hammam menceritakan kepada kami: Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami: ‘Abdul Malik bin Abu Bakr bin ‘Abdurrahman mengabarkan kepadaku, dari Abu Bakr, beliau berkata: Aku mendengar Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkisah. Beliau mengatakan di dalam kisahnya: Siapa saja yang mendapati waktu fajar dalam keadaan junub, maka jangan puasa. Aku menyebutkan hal itu kepada ‘Abdurrahman ibnul Harits, yaitu ayah Abu Bakr, beliau pun mengingkarinya. ‘Abdurrahman berangkat menemui ‘Aisyah dan Ummu Salamah radhiyallahu ‘anhuma dan aku ikut pergi bersamanya. ‘Abdurrahman bertanya kepada keduanya mengenai hal itu. Beliau berkata: Masing-masing keduanya mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah masuk waktu subuh dalam keadaan junub bukan karena mimpi basah, kemudian beliau berpuasa. Beliau berkata: Kami pergi sampai bertemu Marwan dan ‘Abdurrahman menceritakan hal itu kepadanya. Marwan berkata: Aku menyumpahmu untuk pergi kepada Abu Hurairah, lalu menyanggah ucapannya. Beliau berkata: Kami pun mendatangi Abu Hurairah dalam keadaan Abu Bakr menghadiri semua peristiwa itu. Beliau berkata: ‘Abdurrahman menceritakan kepadanya. Abu Hurairah berkata: Apakah keduanya mengatakan hal itu kepadamu? Beliau berkata: Ya. Abu Hurairah berkata: Keduanya lebih mengetahui.
Kemudian Abu Hurairah menyandarkan ucapannya yang dulu tentang hal itu kepada Al-Fadhl ibnul ‘Abbas. Abu Hurairah berkata: Aku mendengar hal itu dari Al-Fadhl dan aku tidak mendengarnya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Beliau berkata: Abu Hurairah pun rujuk dari pendapat beliau yang dulu tentang hal itu.
Aku berkata kepada ‘Abdul Malik: Apakah keduanya mengatakan: Di bulan Ramadan? Beliau berkata: Memang begitu. Beliau pernah masuk waktu subuh dalam keadaan junub bukan karena mimpi basah kemudian beliau berpuasa. 
٧٦ – (...) – وَحَدَّثَنِي حَرۡمَلَةُ بۡنُ يَحۡيَىٰ. قَالَ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: أَخۡبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُرۡوَةَ بۡنِ الزُّبَيۡرِ وَأَبِي بَكۡرِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ؛ أَنَّ عَائِشَةَ زَوۡجَ النَّبِيِّ ﷺ قَالَتۡ: قَدۡ كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُدۡرِكُهُ الۡفَجۡرُ فِي رَمَضَانَ وَهُوَ جُنُبٌ، مِنۡ غَيۡرِ حُلُمٍ فَيَغۡتَسِلُ وَيَصُومُ.
76. Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepadaku. Beliau berkata: Ibnu Wahb mengabarkan kepada kami: Yunus mengabarkan kepadaku, dari Ibnu Syihab, dari ‘Urwah ibnuz Zubair dan Abu Bakr bin ‘Abdurrahman; Bahwa ‘Aisyah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendapati waktu fajar di bulan Ramadan dalam keadaan junub. Bukan karena mimpi basah. Lalu beliau mandi dan berpuasa.
٧٧ – (...) – حَدَّثَنِي هَارُونُ بۡنُ سَعِيدٍ الۡأَيۡلِيُّ: حَدَّثَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: أَخۡبَرَنِي عَمۡرٌو - وَهُوَ ابۡنُ الۡحَارِثِ – عَنۡ عَبۡدِ رَبِّهِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ كَعۡبٍ الۡحِمۡيَرِيِّ؛ أَنَّ أَبَا بَكۡرٍ حَدَّثَهُ؛ أَنَّ مَرۡوَانَ أَرۡسَلَهُ إِلَىٰ أُمِّ سَلَمَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا، يَسۡأَلُ عَنِ الرَّجُلِ يُصۡبِحُ جُنُبًا، أَيَصُومُ؟ فَقَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُصۡبِحُ جُنُبًا مِنۡ جِمَاعٍ، لَا مِنۡ حُلُمٍ، ثُمَّ لَا يُفۡطِرُ وَلَا يَقۡضِي.
77. Harun bin Sa’id Al-Aili telah menceritakan kepadaku: Ibnu Wahb menceritakan kepada kami: ‘Amr ibnul Harits mengabarkan kepadaku dari ‘Abdu Rabbih, dari ‘Abdullah bin Ka’b Al-Himyari; Bahwa Abu Bakr menceritakan kepadanya: Bahwa Marwan mengutusnya kepada Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha untuk bertanya tetang seseorang yang masuk waktu subuh dalam keadaan junub. Apakah dia berpuasa? Ummu Salamah berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah masuk subuh dalam keadaan junub karena jimak, bukan karena mimpi basah. Kemudian beliau tidak membatalkan puasa dan tidak pula menggantinya.
٧٨ – (...) – حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ قَالَ: قَرَأۡتُ عَلَىٰ مَالِكٍ، عَنۡ عَبۡدِ رَبِّهِ بۡنِ سَعِيدٍ، عَنۡ أَبِي بَكۡرِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ الۡحَارِثِ بۡنِ هِشَامٍ، عَنۡ عَائِشَةَ وَأُمِّ سَلَمَةَ، زَوۡجَيِ النَّبِيِّ ﷺ؛ أَنَّهُمَا قَالَتَا: إِنۡ كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ لَيُصۡبِحُ جُنُبًا مِنۡ جِمَاعٍ، غَيۡرِ احۡتِلَامٍ، فِي رَمَضَانَ، ثُمَّ يَصُومُ.
78. Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Aku membaca di hadapan Malik, dari ‘Abdu Rabbih bin Sa’id, dari Abu Bakr bin ‘Abdurrahman ibnul Harits bin Hisyam, dari ‘Aisyah dan Ummu Salamah, yaitu dua istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam; Bahwa keduanya mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam benar-benar pernah masuk waktu subuh dalam keadaan junub akibat jimak, bukan karena mimpi basah, di bulan Ramadan, kemudian beliau tetap berpuasa.
٨٠ – (١١٠٩) – حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ عُثۡمَانَ النَّوۡفَلِيُّ: حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ: حَدَّثَنَا ابۡنُ جُرَيۡجٍ: أَخۡبَرَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ يُوسُفَ، عَنۡ سُلَيۡمَانَ بۡنِ يَسَارٍ؛ أَنَّهُ سَأَلَ أُمَّ سَلَمَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا: عَنِ الرَّجُلِ يُصۡبِحُ جُنُبًا، أَيَصُومُ؟ قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُصۡبِحُ جُنُبًا، مِنۡ غَيۡرِ احۡتِلَامٍ، ثُمَّ يَصُومُ.
80. (1109). Ahmad bin ‘Utsman An-Naufali telah menceritakan kepada kami: Abu ‘Ashim menceritakan kepada kami: Ibnu Juraij menceritakan kepada kami: Muhammad bin Yusuf mengabarkan kepadaku, dari Sulaiman bin Yasar; Bahwa beliau bertanya kepada Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha tentang seseorang yang masuk waktu subuh dalam keadaan junub, apakah dia boleh berpuasa? Ummu Salamah berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah masuk waktu subuh dalam keadaan junub, bukan karena mimpi basah, kemudian beliau berpuasa.