Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5914 dan 5915

٦٩ – بَابُ التَّلۡبِيدِ
69. Bab merekatkan rambut (agar tidak kusut)

٥٩١٤ – حَدَّثَنَا أَبُو الۡيَمَانِ: أَخۡبَرَنَا شُعَيۡبٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ قَالَ: أَخۡبَرَنِي سَالِمُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: أَنَّ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ عُمَرَ قَالَ: سَمِعۡتُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ يَقُولُ: مَنۡ ضَفَّرَ فَلۡيَحۡلِقۡ، وَلَا تَشَبَّهُوا بِالتَّلۡبِيدِ. وَكَانَ ابۡنُ عُمَرَ يَقُولُ: لَقَدۡ رَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ مُلَبِّدًا. [طرفه في: ١٥٤٠].
5914. Abul Yaman telah menceritakan kepada kami: Syu’aib mengabarkan kepada kami, dari Az-Zuhri, beliau berkata: Salim bin ‘Abdullah mengabarkan kepadaku: Bahwa ‘Abdullah bin ‘Umar berkata: Aku mendengar ‘Umar radhiyallahu ‘anhu mengatakan: Siapa saja yang mengepang rambut, maka hendaknya ia menggundul dan kalian jangan menyerupai perbuatan merekatkan rambut. Ibnu ‘Umar mengatakan: Aku telah melihat Rasulallah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan merekatkan rambutnya.
٥٩١٥ – حَدَّثَنِي حِبَّانُ بۡنُ مُوسَى وَأَحۡمَدُ بۡنُ مُحَمَّدٍ قَالَا: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ: أَخۡبَرَنَا يُونُسُ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ سَالِمٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يُهِلُّ مُلَبِّدًا، يَقُولُ: (لَبَّيۡكَ اللّٰهُمَّ لَبَّيۡكَ، لَبَّيۡكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيۡكَ، إِنَّ الۡحَمۡدَ وَالنِّعۡمَةَ لَكَ، وَالۡمُلۡكَ لَا شَرِيكَ لَكَ). لَا يَزِيدُ عَلَى هٰؤُلَاءِ الۡكَلِمَاتِ. [طرفه في: ١٥٤٠].
5915. Hibban bin Musa dan Ahmad bin Muhammad telah menceritakan kepadaku. Keduanya berkata: ‘Abdullah mengabarkan kepada kami: Yunus mengabarkan kepada kami, dari Az-Zuhri, dari Salim, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memulai bertalbiah dalam keadaan merekatkan rambut. Beliau mengatakan, “Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilanMu. Aku penuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian, nikmat, dan kerajaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.” Beliau tidak menambahi kalimat tersebut.