Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5077 dan 5078

٩ - بَابُ نِكَاحِ الۡأَبۡكَارِ
9. Bab menikahi perawan

وَقَالَ ابۡنُ أَبِي مُلَيۡكَةَ: قَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ لِعَائِشَةَ: لَمۡ يَنۡكِحِ النَّبِيُّ ﷺ بِكۡرًا غَيۡرَكِ.
Ibnu Abu Mulaikah berkata: Ibnu ‘Abbas berkata kepada ‘Aisyah: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menikahi seorang wanita perawan pun selain engkau.
٥٠٧٧ - حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ قَالَ: حَدَّثَنِي أَخِي، عَنۡ سُلَيۡمَانَ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَرَأَيۡتَ لَوۡ نَزَلۡتَ وَادِيًا وَفِيهِ شَجَرَةٌ قَدۡ أُكِلَ مِنۡهَا، وَوَجَدۡتَ شَجَرًا لَمۡ يُؤۡكَلۡ مِنۡهَا، فِي أَيِّهَا كُنۡتَ تُرۡتِعُ بَعِيرَكَ؟ قَالَ: (فِي الَّتي لَمۡ يُرۡتَعۡ مِنۡهَا). تَعۡنِي أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ لَمۡ يَتَزَوَّجۡ بِكۡرًا غَيۡرَهَا.
5077. Isma’il bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Saudaraku menceritakan kepadaku, dari Sulaiman, dari Hisyam bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: Aku berkata: Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika engkau singgah di sebuah lembah. Di lembah itu, ada pohon yang sudah dimakan (hewan gembalaan) dan engkau mendapati pohon lain yang belum pernah dimakan (hewan gembalaan). Pohon mana yang akan engkau gembalakan untamu? Beliau menjawab, “Di pohon yang belum dimakan hewan gembalaan.” ‘Aisyah memaksudkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menikahi seorang wanita perawan pun selain beliau.
٥٠٧٨ - حَدَّثَنَا عُبَيۡدُ بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنۡ هِشَامٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أُرِيتُكِ فِي الۡمَنَامِ مَرَّتَيۡنِ، إِذَا رَجُلٌ يَحۡمِلُكِ فِي سَرَقَةِ حَرِيرٍ، فَيَقُولُ: هٰذِهِ امۡرَأَتُكَ، فَأَكۡشِفُهَا فَإِذَا هِيَ أَنۡتِ، فَأَقُولُ: إِنۡ يَكُنۡ هٰذَا مِنۡ عِنۡدِ اللهِ يُمۡضِهِ). [طرفه في: ٣٨٩٥].
5078. ‘Ubaid bin Isma’il telah menceritakan kepada kami: Abu Usamah menceritakan kepada kami, dari Hisyam, dari ayahnya, dari ‘Aisyah, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku pernah memimpikanmu dua kali. Ada seseorang yang membawamu dengan berbalut sepotong kain sutra, lalu ia berkata: Ini adalah istrimu. Lalu aku menyingkap kain itu, ternyata wanita itu adalah engkau. Lalu aku katakan: Jika mimpi ini dari Allah, niscaya Allah akan menjadikannya nyata.”