Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2570

٢٥٧٠ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡعَزِيزِ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ قَالَ: حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ، عَنۡ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي قَتَادَةَ السَّلَمِيِّ، عَنۡ أَبِيهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: كُنۡتُ يَوۡمًا جَالِسًا مَعَ رِجَالٍ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ فِي مَنۡزِلٍ فِي طَرِيقِ مَكَّةَ، وَرَسُولُ اللهِ ﷺ نَازِلٌ أَمَامَنَا، وَالۡقَوۡمُ مُحۡرِمُونَ وَأَنَا غَيۡرُ مُحۡرِمٍ، فَأَبۡصَرُوا حِمَارًا وَحۡشِيًّا، وَأَنَا مَشۡغُولٌ أَخۡصِفُ نَعۡلِي، فَلَمۡ يُؤۡذِنُونِي بِهِ، وَأَحَبُّوا لَوۡ أَنِّي أَبۡصَرۡتُهُ، فَالۡتَفَتُّ فَأَبۡصَرۡتُهُ، فَقُمۡتُ إِلَى الۡفَرَسِ فَأَسۡرَجۡتُهُ، ثُمَّ رَكِبۡتُ وَنَسِيتُ السَّوۡطَ وَالرُّمۡحَ، فَقُلۡتُ لَهُمۡ: نَاوِلُونِي السَّوۡطَ وَالرُّمۡحَ، فَقَالُوا: لَا وَاللهِ لَا نُعِينُكَ عَلَيۡهِ بِشَىۡءٍ، فَغَضِبۡتُ فَنَزَلۡتُ فَأَخَذۡتُهُمَا، ثُمَّ رَكِبۡتُ فَشَدَدۡتُ عَلَى الۡحِمَارِ فَعَقَرۡتُهُ، ثُمَّ جِئۡتُ بِهِ وَقَدۡ مَاتَ، فَوَقَعُوا فِيهِ يَأۡكُلُونَهُ، ثُمَّ إِنَّهُمۡ شَكُّوا فِي أَكۡلِهِمۡ إِيَّاهُ وَهُمۡ حُرُمٌ، فَرُحۡنَا وَخَبَأۡتُ الۡعَضُدَ مَعِي، فَأَدۡرَكۡنَا رَسُولَ اللهِ ﷺ فَسَأَلۡنَاهُ عَنۡ ذٰلِكَ، فَقَالَ: (مَعَكُمۡ مِنۡهُ شَىۡءٌ؟). فَقُلۡتُ: نَعَمۡ، فَنَاوَلۡتُهُ الۡعَضُدَ فَأَكَلَهَا حَتَّى نَفَّدَهَا وَهُوَ مُحۡرِمٌ. فَحَدَّثَنِي بِهِ زَيۡدُ بۡنُ أَسۡلَمَ، عَنۡ عَطَاءِ بۡنِ يَسَارٍ، عَنۡ أَبِي قَتَادَةَ. [طرفه في: ١٨٢١].
2570. ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepadaku, dari Abu Hazim, dari ‘Abdullah bin Abu Qatadah As-Salami, dari ayahnya radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Aku pernah pada suatu hari duduk bersama beberapa orang sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di suatu tempat persinggahan di jalan menuju Makkah. Adapun Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam singgah di depan kami. Para sahabat itu sedang ihram, sementara aku tidak ihram. Mereka melihat seekor zebra ketika aku sedang sibuk memasang tali sandal. Mereka tidak memberitahuku tentang zebra tersebut. Padahal sebenarnya mereka senang seandainya aku melihatnya. Lalu, aku menoleh dan melihatnya. Aku bangkit menuju kuda, aku pasang pelananya, kemudian aku naiki. Namun aku lupa membawa cambuk dan tombak, maka aku berkata kepada mereka: Tolong ambilkan cambuk dan tombak! Namun mereka berkata: Tidak, demi Allah, kami tidak mau membantumu sedikitpun. Aku kesal, lalu aku turun dan aku ambil cambuk dan tombak sendiri. Kemudian aku kembali naik kuda, lalu aku memburu zebra itu dan aku menyembelihnya. Kemudian aku membawanya dalam keadaan zebra itu sudah mati. Para sahabat mengambil dan memakannya. Kemudian mereka ragu tentang kebolehan memakannya dalam keadaan ihram. Ketika masuk waktu sore, kami berangkat dan aku menyimpan sepotong daging lengan atas bersamaku. Kami dapat menyusul Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu kami menanyakannya kepada beliau. Beliau bertanya, “Apakah kalian membawa sebagiannya?” Aku menjawab: Ya. Lalu aku memberikan potongan daging tadi kepada beliau lalu beliau memakannya sampai habis padahal beliau sedang berihram. Zaid bin Aslam menceritakannya kepadaku dari ‘Atha` bin Yasar, dari Abu Qatadah.