Shahih Muslim hadits nomor 92

٤٠ - بَابُ مَنۡ مَاتَ لَا يُشۡرِكُ بِاللهِ شَيۡئًا دَخَلَ الۡجَنَّةَ، وَمَنۡ مَاتَ مُشۡرِكًا دَخَلَ النَّارَ
40. Bab barang siapa yang meninggal dalam keadaan tidak menyekutukan Allah sedikit pun, maka dia akan masuk surga; dan barang siapa yang meninggal dalam keadaan musyrik, maka dia akan masuk neraka

١٥٠ - (٩٢) - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ نُمَيۡرٍ: حَدَّثَنَا أَبِي وَوَكِيعٌ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ شَقِيقٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ. قَالَ وَكِيعٌ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ. وَقَالَ ابۡنُ نُمَيۡرٍ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (مَنۡ مَاتَ يُشۡرِكُ بِاللهِ شَيۡئًا دَخَلَ النَّارَ).
وَقُلۡتُ أَنَا: وَمَنۡ مَاتَ لَا يُشۡرِكُ بِاللهِ شَيۡئًا دَخَلَ الۡجَنَّةَ.
[البخاري: كتاب الجنائز، باب في الجنائز...، رقم: ١١٨١].
150. (92). Muhammad bin ‘Abdullah bin Numair telah menceritakan kepada kami: Ayahku dan Waki’ menceritakan kepada kami, dari Al-A’masy, dari Syaqiq, dari ‘Abdullah. Waki’ berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. Ibnu Numair berkata: Aku (‘Abdullah bin Mas’ud) mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang meninggal dalam keadaan menyekutukan Allah sedikit saja, maka dia akan masuk neraka.”
Aku (‘Abdullah) mengatakan: Dan barang siapa yang meninggal dalam keadaan tidak menyekutukan Allah sedikit pun, maka dia akan masuk surga.