Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2290 dan 2291

٥٥- ذِكۡرُ الۡاخۡتِلَافِ عَلَى مَنۡصُورٍ
55. Penyebutan perbedaan riwayat Manshur

٢٢٩٠ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ مَسۡعُودٍ قَالَ: حَدَّثَنَا خَالِدٌ عَنۡ شُعۡبَةَ عَنۡ مَنۡصُورٍ عَنۡ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: خَرَجَ رَسُولُ اللهِ ﷺ إِلَى مَكَّةَ، فَصَامَ حَتَّى أَتَى عُسۡفَانَ، فَدَعَا بِقَدَحٍ فَشَرِبَ قَالَ شُعۡبَةُ فِي رَمَضَانَ. فَكَانَ ابۡنُ عَبَّاسٍ يَقُولُ: مَنۡ شَاءَ صَامَ، وَمَنۡ شَاءَ أَفۡطَرَ. [ق، انظر ما قبله].
2290. Isma’il bin Mas’ud telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Khalid menceritakan kepada kami dari Syu’bah, dari Manshur, dari Mujahid, dari Ibnu ‘Abbas, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar safar menuju Makkah. Beliau awalnya berpuasa hingga sampai di ‘Usfan, beliau meminta satu wadah minuman, lalu minum. Syu’bah berkata: Kejadian itu ketika bulan Ramadan. Ibnu ‘Abbas mengatakan: Siapa saja mau, dia boleh berpuasa. Dan siapa yang mau, dia boleh tidak berpuasa.
٢٢٩١ - أَخۡبَرَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ قُدَامَةَ عَنۡ جَرِيرٍ عَنۡ مَنۡصُورٍ عَنۡ مُجَاهِدٍ عَنۡ طَاوُسٍ عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: سَافَرَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي رَمَضَانَ، فَصَامَ حَتَّى بَلَغَ عُسۡفَانَ، ثُمَّ دَعَا بِإِنَاءٍ فَشَرِبَ نَهَارًا يَرَاهُ النَّاسُ، ثُمَّ أَفۡطَرَ. [ق، انظر ما قبله].
2291. Muhammad bin Qudamah telah mengabarkan kepada kami dari Jarir, dari Manshur, dari Mujahid, dari Thawus, dari Ibnu ‘Abbas, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan safar di bulan Ramadan. Beliau awalnya berpuasa hingga tiba di ‘Usfan. Kemudian beliau meminta satu bejana minum dan minum di siang hari agar dapat dilihat oleh orang-orang. Setelah itu beliau tidak berpuasa.