Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1822

٣ - بَابٌ إِذَا رَأَى الۡمُحۡرِمُونَ صَيۡدًا فَضَحِكُوا فَفَطِنَ الۡحَلَالُ
3. Bab apabila orang yang berihram melihat binatang buruan kemudian tertawa, lalu orang yang tidak berihram mengetahuinya

١٨٢٢ - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ الرَّبِيعِ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ الۡمُبَارَكِ، عَنۡ يَحۡيَى، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي قَتَادَةَ: أَنَّ أَبَاهُ حَدَّثَهُ قَالَ: انۡطَلَقۡنَا مَعَ النَّبِيِّ ﷺ عَامَ الۡحُدَيۡبِيَةِ، فَأَحۡرَمَ أَصۡحَابُهُ وَلَمۡ أُحۡرِمۡ، فَأُنۡبِئۡنَا بِعَدُوٍّ بِغَيۡقَةَ، فَتَوَجَّهۡنَا نَحۡوَهُمۡ، فَبَصُرَ أَصۡحَابِي بِحِمَارِ وَحۡشٍ، فَجَعَلَ بَعۡضُهُمۡ يَضۡحَكُ إِلَى بَعۡضٍ، فَنَظَرۡتُ فَرَأَيۡتُهُ، فَحَمَلۡتُ عَلَيۡهِ الۡفَرَسَ فَطَعَنۡتُهُ فَأَثۡبَتُّهُ، فَاسۡتَعَنۡتُهُمۡ فَأَبَوۡا أَنۡ يُعِينُونِي، فَأَكَلۡنَا مِنۡهُ، ثُمَّ لَحِقۡتُ بِرَسُولِ اللهِ ﷺ، وَخَشِينَا أَنۡ نُقۡتَطَعَ، أَرۡفَعُ فَرَسِي شَأۡوًا وَأَسِيرُ عَلَيۡهِ شَأۡوًا، فَلَقِيتُ رَجُلًا مِنۡ بَنِي غِفَارٍ فِي جَوۡفِ اللَّيۡلِ فَقُلۡتُ: أَيۡنَ تَرَكۡتَ رَسُولَ اللهِ ﷺ؟ فَقَالَ: تَرَكۡتُهُ بِتَعۡهِنَ، وَهُوَ قَائِلٌ السُّقۡيَا، فَلَحِقۡتُ بِرَسُولِ اللهِ ﷺ حَتَّى أَتَيۡتُهُ، فَقُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّ أَصۡحَابَكَ أَرۡسَلُوا يَقۡرَءُونَ عَلَيۡكَ السَّلَامَ وَرَحۡمَةَ اللهِ، وَإِنَّهُمۡ قَدۡ خَشُوا أَنۡ يَقۡتَطِعَهُمُ الۡعَدُوُّ دُونَكَ فَانۡظُرۡهُمۡ، فَفَعَلَ، فَقُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّا اصَّدۡنَا حِمَارَ وَحۡشٍ، وَإِنَّ عِنۡدَنَا فَاضِلَةً؟ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ لِأَصۡحَابِهِ: (كُلُوا). وَهُمۡ مُحۡرِمُونَ. [طرفه في: ١٨٢١].
1822. Sa’id bin Ar-Rabi’ telah menceritakan kepada kami: ‘Ali bin Al-Mubarak menceritakan kepada kami dari Yahya, dari ‘Abdullah bin Abu Qatadah: Bahwa ayahnya menceritakan kepadanya, beliau berkata: Kami berangkat bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada tahun Hudaibiyah. Para sahabat beliau berihram namun aku sendiri tidak. Kami diberitahu ada musuh di Ghaiqah, maka kami menuju ke arah mereka. Para sahabatku melihat seekor zebra lalu mereka saling tertawa sehingga aku memandang dan aku melihat zebra itu. Aku memacu kuda mengejarnya, lalu aku menusuk dan menangkapnya. Aku meminta tolong kepada para sahabatku, namun mereka enggan menolongku. Lalu kami makan sebagiannya. Kemudian aku menyusul Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan kami khawatir terpisah. Aku terkadang memacu kencang kudaku dan terkadang menjalankannya dengan tenang. Lalu aku berjumpa dengan seseorang dari Bani Ghifar ketika larut malam. Aku bertanya: Di mana engkau berpisah dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam? Ia menjawab: Aku berpisah dengan beliau di Ta’hin dalam keadaan beliau hendak istirahat siang di Suqya. Aku pun menyusul Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sehingga aku mendatangi beliau. Aku berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya para sahabat engkau menitipkan ucapan keselamatan dan rahmat Allah untukmu dan sesungguhnya mereka khawatir musuh akan mencegat mereka sebelum menyusulmu, maka tunggulah mereka. Beliau pun melakukannya. Aku mengatakan: Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami telah mendapatkan hewan buruan seekor zebra dan kami memiliki kelebihan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kepada para sahabatnya, “Makanlah kalian!” Sementara mereka sedang ihram.