Cari Blog Ini

Al-Isti'ab - 219. Buraidah Al-Aslami

٢١٩ - بُرَيۡدَةُ الۡأَسۡلَمِيُّ
219. Buraidah Al-Aslami

بُرَيۡدَةُ الۡأَسۡلَمِيُّ هُوَ بُرَيۡدَةُ بۡنُ الۡحُصَيۡبِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الۡحَارِثِ بۡنِ الۡأَعۡرَجِ بۡنِ سَعۡدِ بۡنِ رَزَاحِ بۡنِ عَدِيِّ بۡنِ سَهۡمِ بۡنِ مَازِنِ بۡنِ الۡحَارِثِ بۡنِ سلامان بۡنِ أَسۡلَمَ بۡنِ أفصى بۡنِ حَارِثَةَ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ عَامِرٍ، يُكۡنَى أَبَا عَبۡدِ اللهِ، وَقِيلَ: يُكۡنَى أَبَا سَهۡلٍ، وَقِيلَ: أَبَا الۡحُصَيۡبِ، وَقِيلَ: يُكۡنَى أَبَا سَاسَان، وَالۡمَشۡهُورُ أَبُو عَبۡدِ اللهِ؛
Buraidah Al-Aslami adalah Buraidah bin Al-Hushaib bin ‘Abdullah bin Al-Harits bin Al-A’raj bin Sa’d bin Razah bin ‘Adi bin Sahm bin Mazin bin Al-Harits bin Salaman bin Aslam bin Afsha bin Haritsah bin ‘Amr bin ‘Amir. Dipanggil dengan Abu ‘Abdullah. Ada yang mengatakan dipanggil dengan Abu Sahl. Ada pula yang mengatakan Abu Al-Hushaib. Dan ada yang mengatakan dipanggil dengan Abu Sasan. Namun yang terkenal adalah Abu ‘Abdullah.
أَسۡلَمَ قَبۡلَ بَدۡرٍ، وَلَمۡ يَشۡهَدۡهَا وَشَهِدَ الۡحُدَيۡبِيَةَ، فَكَانَ مِمَّنۡ بَايَعَ بَيۡعَةَ الرِّضۡوَانِ تَحۡتَ الشَّجَرَةِ، وَذٰلِكَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ لَمَّا هَاجَرَ مِنۡ مَكَّةَ إِلَى الۡمَدِينَةِ وَانۡتَهَى إِلَى الۡغَمِيمِ أَتَاهُ بُرَيۡدَةُ بۡنُ الۡحُصَيۡبِ، فَأَسۡلَمَ هُوَ وَمَنۡ مَعَهُ، وَكَانُوا زُهَاءَ ثَمَانِينَ بَيۡتًا فَصَلَّى رَسُولُ اللهِ ﷺ الۡعِشَاءَ فَصَلُّوا خَلۡفَهُ ثُمَّ رَجَعَ بُرَيۡدَةُ إِلَى بِلَادِ قَوۡمِهِ، وَقَدۡ تَعَلَّمَ شَيۡئًا مِنَ الۡقُرۡآنِ لَيۡلَتَئِذٍ، ثُمَّ قَدِمَ عَلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ بَعۡدَ أُحُدٍ، فَشَهِدَ مَعَهُ مَشَاهِدَهُ، وَشَهِدَ الۡحُدَيۡبِيَةَ، وَكَانَ مِنۡ سَاكِنِي الۡمَدِينَةِ ثُمَّ تَحَوَّلَ إِلَى الۡبَصۡرَةِ، ثُمَّ خَرَجَ مِنۡهَا إِلَى خُرَاسَانَ غَازِيًا فَمَاتَ بِمَرۡوَ فِي إِمۡرَةِ يَزِيدَ بۡنِ مُعَاوِيَةَ، وَبَقِيَ وَلَدُهُ بِهَا رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ.
Beliau mulai memeluk agama Islam sebelum perang Badr, namun beliau tidak mengikutinya. Beliau mengikuti peristiwa Hudaibiyah. Beliau termasuk orang yang mengikuti baiat Ridhwan di bawah pohon. Peristiwa masuk Islamnya beliau yaitu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berhijrah dari Makkah menuju Madinah, beliau sampai di Al-Ghamim, lalu Buraidah bin Al-Hushaib mendatangi beliau. Buraidah dan yang bersamanya memeluk Islam. Mereka sekitar 80 keluarga. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu salat Isya dan mereka salat di belakang beliau. Kemudian Buraidah kembali ke negeri kaumnya. Beliau mempelajari sedikit Alquran pada malam itu. Setelah itu beliau datang kembali kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah perang Uhud. Buraidah mengikuti peperangan bersama Rasulullah dan beliau mengikuti peristiwa Hudaibiyah. Beliau dahulu termasuk penduduk Madinah kemudian pindah ke Bashrah. Kemudian beliau keluar dari Bashrah menuju Khurasan dalam rangka berperang. Beliau meninggal di Marw pada masa pemerintahan Yazid bin Mu’awiyah. Anak beliau radhiyallahu ‘anhu tetap tinggal di sana.
أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الۡوَارِثِ بۡنُ سُفۡيَانَ، حَدَّثَنَا قَاسِمُ بۡنُ أَصۡبَغَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ زُهَيۡرٍ عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: حَدَّثَنَا حُسَيۡنُ بۡنُ حُرَيۡثٍ عَنِ الۡحُسَيۡنِ بۡنِ وَاقِدٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ بُرَيۡدَةَ عَنۡ أَبِيهِ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ﷺ لَا يَتَطَيَّرُ، وَلَٰكِنۡ يَتَفَاءَلُ فَرَكِبَ بُرَيۡدَةُ فِي سَبۡعِينَ رَاكِبًا مِنۡ أَهۡلِ بَيۡتِهِ مِنۡ بَنِي سَهۡمٍ، فَتَلَقَّى النَّبِيَّ ﷺ فَقَالَ لَهُ نَبِيُّ اللهِ ﷺ: (مَنۡ أَنۡتَ؟) قَالَ: أَنَا بُرَيۡدَةُ. فَالۡتَفَتَ إِلَى أَبِي بَكۡرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنۡهُ فَقَالَ: (يَا أَبَا بَكۡرٍ، بَرَدَ أَمۡرُنَا وَصَلُحَ)، ثُمَّ قَالَ لِي: (مِمَّنۡ أَنۡتَ؟) فَقُلۡتُ: مِنۡ أَسۡلَمَ قَالَ لأَبِي بَكۡرٍ: (سَلِمۡنَا). قَالَ: ثُمَّ قَالَ: (مِنۡ بَنِي مَنۡ؟) قُلۡتُ: مِنۡ بَنِي سَهۡمٍ؟ قَالَ: (خَرَجَ سَهۡمُكَ).
‘Abdul Warits bin Sufyan telah mengabarkan kepada kami: Qasim bin Ashbagh menceritakan kepada kami, beliau berkata: Ahmad bin Zuhair menceritakan kepada kami dari ayahnya, beliau berkata: Husain bin Huraits menceritakan kepada kami dari Al-Husain bin Waqid, dari ‘Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah tathayyur (menganggap sial dengan yang dilihat, didengar, atau lainnya), tetapi beliau optimis. Buraidah mengendarai hewan tunggangan bersama 70 orang pengendara dari sanak keluarganya dari Bani Sahm. Beliau bertemu dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepadanya, “Siapa engkau?” Buraidah menjawab, “Saya Buraidah.” Nabi menoleh kepada Abu Bakr radhiyallahu ‘anhu, seraya bersabda, “Wahai Abu Bakr, urusan kita barada (sejuk) dan baik.” Kemudian Nabi bertanya kepadaku, “Dari mana engkau?” Aku menjawab, “Dari Aslam.” Nabi berkata kepada Abu Bakr, “Kita selamat.” Buraidah berkata: Kemudian Nabi bertanya, “Dari keturunan siapa?” Aku menjawab, “Dari Bani Sahm.” Nabi bersabda, “Anak panah undianmu telah keluar.”
وَرَوَى الۡبُخَارِيُّ رَحِمَهُ اللهُ عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ مُقَاتِلٍ، عَنۡ مُعَاذِ بۡنِ خَالِدٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مُسۡلِمٍ الۡأَسۡلَمِيِّ، مِنۡ أَهۡلِ مَرۡوَ قَالَ: سَمِعۡتُ عَبۡدَ اللهِ بۡنِ بُرَيۡدَةَ يَقُولُ: مَاتَ وَالِدِي بِمَرۡوَ، وَقَبۡرُهُ بِالۡحِصۡنِ، وَهُوَ قَائِدُ أَهۡلِ الۡمَشۡرِقِ وَنُورُهُمۡ؛ لِأَنَّ النَّبِيّ ﷺ قَالَ: (أَيُّمَا رَجُلٍ مَاتَ مِنۡ أَصۡحَابِي بِبَلۡدَةٍ فَهُوَ قَائِدُهُمۡ وَنُورُهُمۡ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ).
Al-Bukhari rahimahullah meriwayatkan dari Muhammad bin Muqatil, dari Mu’adz bin Khalid, dari ‘Abdullah bin Muslim Al-Aslami—termasuk penduduk Marw—berkata: Aku mendengar ‘Abdullah bin Buraidah berkata: Ayahku meninggal di Marw dan kuburannya di dalam benteng. Beliau adalah penuntun penduduk masyrik dan cahaya mereka karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja lelaki dari kalangan sahabatku yang meninggal di suatu negeri, maka ia adalah penuntun mereka dan cahaya mereka pada hari kiamat.”