Cari Blog Ini

Usdul Ghabah - 2295. Sahl bin Sa'd

٢٢٩٥ - سَهۡلُ بۡنُ سَعۡدٍ
2295. Sahl bin Sa’d

ب د ع: سَهۡلُ بۡنُ سَعۡدِ بۡنِ مَالِكِ بۡن خَالِدِ بۡنِ ثَعۡلَبَةَ بۡنِ حَارِثَةَ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ الۡخَزۡرَجِ بۡنِ سَاعِدَةَ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ الۡخَزۡرَجِ الۡأَنۡصَارِيُّ السَّاعِدِيُّ. وَقَالَ الۡعدويُّ فِي نَسَبِهِ: سَهۡلُ بۡنُ سَعۡدِ بۡنِ سَعۡدِ بۡنِ مَالِكِ بۡن خَالِدٍ، وَهَٰذَا يُؤَيِّدُ قَوۡلَ أَبِي عُمَرَ فِي ثَعۡلَبَةَ بۡنِ سَعۡدٍ، فَإِنَّهُ قَالَ فِيهِ: عَمُّ سَهۡلِ بۡنِ سَعۡدٍ، يُكۡنَى سَهۡلٌ: أَبَا الۡعَبَّاسِ، وَقِيلَ: أَبُو يَحۡيَى.
Sahl bin Sa’d bin Malik bin Khalid bin Tsa’labah bin Haritsah bin ‘Amr bin Al-Khazraj bin Sa’idah bin Ka’b bin Al-Khazraj Al-Anshari As-Sa’idi. Al-‘Adawi berkata di dalam nasab beliau: Sahl bin Sa’d bin Sa’d bin Malik bin Khalid. Ini menguatkan pendapat Abu ‘Umar tentang Tsa’labah bin Sa’d karena Abu ‘Umar berkata tentangnya: Paman Sahl bin Sa’d. Sahl mempunyai nama kunyah Abu Al-‘Abbas. Ada yang mengatakan: Abu Yahya.
وَشَهِدَ قَضَاءَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي الۡمُتَلَاعِنَيۡنِ، وَأَنَّهُ فَرَّقَ بَيۡنَهُمَا، وَكَانَ اسۡمُهُ حَزۡنًا فَسَمَّاهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ سَهۡلًا، قَالَ الزُّهۡرِيُّ: رَأَى سَهۡلُ بۡنُ سَعۡدٍ النَّبِيَّ ﷺ وَسَمِعَ مِنۡهُ، وَذَكَرَ أَنَّهُ كَانَ لَهُ يَوۡمَ تُوُفِّيَ النَّبِيُّ ﷺ خَمۡسَ عَشۡرَةَ سَنَةً.
Beliau menyaksikan penetapan hukum Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai sepasang suami istri yang saling melaknat (lian) dan bahwa beliau memisahkan keduanya. Dahulu, dia bernama Hazn, lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberinya nama Sahl. Az-Zuhri berkata: Sahl bin Sa’d melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mendengar dari beliau. Beliau menyebutkan bahwa pada hari wafatnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Sahl berumur lima belas tahun.
وَعَاشَ سَهۡلٌ وَطَالَ عُمۡرُهُ، حَتَّى أَدۡرَكَ الۡحَجَّاجَ بۡنَ يُوسُفَ، وَامۡتُحِنَ مَعَهُ، أَرۡسَلَ الۡحَجَّاجُ سَنَةَ أَرۡبَعٍ وَسَبۡعِينَ إِلَى سَهۡلِ بۡنِ سَعۡدٍ، رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، وَقَالَ لَهُ: مَا مَنَعَكَ مِنۡ نَصۡرِ أَمِيرِ الۡمُؤۡمِنِينَ عُثۡمَانَ؟ قَالَ: قَدۡ فَعَلۡتُهُ، قَالَ: كَذَبۡتَ، ثُمَّ أَمَرَ بِهِ فَخَتَمَ فِي عُنُقِهِ، وَخَتَمَ أَيۡضًا فِي عُنُقِ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، حَتَّى وَرَدَ عَلَيۡهِ كِتَابُ عَبۡدِ الۡمَلِكِ بۡنِ مَرۡوَانَ فِيهِ، وَخَتَمَ فِي يَدِ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ؛ يُرِيدُ إِذۡلَالَهُمۡ بِذٰلِكَ، وَأَنۡ يَجۡتَنِبَهُمُ النَّاسَ، وَلَا يَسۡمَعُوا مِنۡهُمۡ.
Sahl hidup dan panjang umurnya sampai beliau menjumpai masa Al-Hajjaj bin Yusuf. Beliau diuji bersamanya. Al-Hajjaj mengutus utusan pada tahun 74 H kepada Sahl bin Sa’d radhiyallahu ‘anhu. Al-Hajjaj bertanya kepadanya, “Apa yang menghalangimu dari menolong amirulmukminin ‘Utsman?” Sahl menjawab, “Aku telah melakukannya.” Al-Hajjaj berkata, “Engkau dusta.” Kemudian Al-Hajjaj memerintahkan agar memberi tanda pada leher Sahl. Dia juga memberi tanda pada leher Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. Sampai datang kitab ‘Abdul Malik bin Marwan kepadanya tentang itu. Dia juga memberi tanda pada tangan Jabir bin ‘Abdullah. Dia ingin untuk menghinakan mereka dengan cara itu dan menjauhkan mereka dari manusia agar mereka tidak mendengar dari mereka.
وَرَوَى عَنۡ سَهۡلٍ أَبُو هُرَيۡرَةَ وَسَعِيدُ بۡنُ الۡمُسَيَّبِ، وَالزُّهۡرِيُّ، وَأَبُو حَازِمٍ، وَابۡنُهُ عَبَّاسُ بۡنُ سَهۡلٍ، وَغَيۡرُهُمۡ.
Yang meriwayatkan dari Sahl adalah Abu Hurairah, Sa’id bin Al-Musayyab, Az-Zuhri, Abu Hazim, anaknya yaitu ‘Abbas bin Sahl, dan selain mereka.
أَخۡبَرَنَا إِبۡرَاهِيمُ بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ مِهۡرَانَ، وَغَيۡرُ وَاحِدٍ، قَالُوا، بِإِسۡنَادِهِمۡ، عن أَبِي عِيسَى التِّرۡمِذِيِّ، أَخۡبَرَنَا قُتَيۡبَةُ، حَدَّثَنَا الۡعَطَّافُ بۡنُ خَالِدٍ الۡمَخۡزُومِيُّ، عَنۡ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ سَهۡلِ بۡنِ سَعۡدٍ السَّاعِدِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (غُدۡوَةٌ فِي سَبِيلِ اللهِ خَيۡرٌ مِنَ الدُّنۡيَا وَمَا فِيهَا، وَمَوۡضِعُ سَوۡطٍ، فِي الۡجَنَّةِ خَيۡرٌ مِنَ الدُّنۡيَا وَمَا فِيهَا).
Ibrahim bin Muhammad bin Mihran dan lebih dari satu orang telah mengabarkan kepada kami. Mereka berkata melalui sanad mereka, dari Abu ‘Isa At-Tirmidzi. Qutaibah mengabarkan kepada kami: Al-‘Aththaf bin Khalid Al-Makhzumi menceritakan kepada kami dari Abu Hazim, dari Sahl bin Sa’d As-Sa’idi. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Menempuh perjalanan di pagi hari di jalan Allah lebih baik daripada dunia beserta isinya. Dan sebuah tempat cemeti di surga lebih baik daripada dunia beserta isinya.”[1]
وَتُوُفِّيَ سَهۡلٌ سَنَةَ ثَمَانٍ وَثَمَانِينَ، وَهُوَ ابۡنُ سِتِّ وَتِسۡعِينَ سَنَةً، وَقِيلَ: تُوُفِّيَ سَنَةَ إِحۡدَى وَتِسۡعِينَ، وَقَدۡ بَلَغَ مِائَةَ سَنَةً، وَيُقَالُ: إِنَّهُ آخِرُ مَنۡ بَقِيَ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ بِالۡمَدِينَةِ.
Sahl wafat tahun 88 H ketika beliau berumur 96 tahun. Ada yang berkata: Beliau wafat tahun 91 H dan beliau telah mencapai umur 100 tahun. Ada pula yang berkata bahwa Sahl adalah sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling akhir tersisa di Madinah.
قَالَ أَبُو حَازِمٍ: سَمِعۡتُ سَهۡلَ بۡنَ سَعۡدٍ، يَقُولُ: لَوۡ مِتُّ لَمۡ تَسۡمَعُوا مِنۡ أَحَدٍ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ.
Abu Hazim berkata: Aku mendengar Sahl bin Sa’d mengatakan: Andai aku meninggal, kalian tidak lagi mendengar dari seorang pun yang berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
وَكَانَ يُصَفِّرُ لِحۡيَتَهُ.
Beliau dahulu mewarnai kuning jenggot putihnya.
أَخۡرَجَهُ الثَّلَاثَةُ.
Biografi beliau disebutkan oleh tiga orang (Ibnu Mandah, Abu Nu’aim, dan Abu ‘Umar).

[1] HR. At-Tirmidzi nomor 1648.