Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 63

١١٤ - (٦٣) - حَدَّثَنِي عَمۡرٌو النَّاقِدُ: حَدَّثَنَا هُشَيۡمُ بۡنُ بَشِيرٍ. أَخۡبَرَنَا خَالِدٌ، عَنۡ أَبِي عُثۡمَانَ، قَالَ: لَمَّا ادُّعِيَ زِيَادٌ، لَقِيتُ أَبَا بَكۡرَةَ فَقُلۡتُ لَهُ: مَا هَٰذَا الَّذِي صَنَعۡتُمۡ؟ إِنِّي سَمِعۡتُ سَعۡدَ بۡنَ أَبِي وَقَّاصٍ يَقُولُ: سَمِعَ أُذُنَايَ مِنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ وَهُوَ يَقُولُ: (مَنِ ادَّعَى أَبًا فِي الۡإِسۡلَامِ غَيۡرَ أَبِيهِ، يَعۡلَمُ أَنَّهُ غَيۡرُ أَبِيهِ، فَالۡجَنَّةُ عَلَيۡهِ حَرَامٌ). فَقَالَ أَبُو بَكۡرَةَ: أَنَا سَمِعۡتُهُ مِنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ.
[البخاري: كتاب المغازي، باب غزوة الطائف...، رقم: ٤٣٦٦].
114. (63). ‘Amr An-Naqid telah menceritakan kepadaku: Husyaim bin Basyir menceritakan kepada kami: Khalid mengabarkan kepada kami dari Abu ‘Utsman. Beliau berkata: Ketika Ziyad diaku-aku (sebagai anak Abu Sufyan), aku menjumpai Abu Bakrah, lalu aku bertanya kepadanya: Apa yang kalian lakukan ini? Sesungguhnya aku mendengar Sa’d bin Abu Waqqash mengatakan: Kedua telingaku mendengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau bersabda, “Siapa saja yang mengaku-aku ayah di dalam Islam selain ayahnya dan mengetahui bahwa dia bukan ayahnya, maka surga haram baginya.” Abu Bakrah berkata: Aku mendengarnya pula dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
١١٥- (...) - حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ زَكَرِيَّاءَ بۡنِ أَبِي زَائِدَةَ وَأَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنۡ عَاصِمٍ، عَنۡ أَبِي عُثۡمَانَ، عَنۡ سَعۡدٍ وَأَبِي بَكۡرَةَ، كِلَاهُمَا يَقُولُ: سَمِعَتۡهُ أُذُنَايَ، وَوَعَاهُ قَلۡبِي، مُحَمَّدًا ﷺ يَقُولُ: (مَنِ ادَّعَى إِلَى غَيۡرِ أَبِيهِ، وَهُوَ يَعۡلَمُ أَنَّهُ غَيۡرُ أَبِيهِ، فَالۡجَنَّةُ عَلَيۡهِ حَرَامٌ).
115. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Yahya bin Zakariyya` bin Abu Za`idah dan Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari ‘Ashim, dari Abu ‘Utsman, dari Sa’d dan Abu Bakrah. Masing-masing keduanya mengatakan: Kedua telingaku mendengarnya dan hatiku menghafalnya bahwa Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang mengaku-aku selain ayahnya (sebagai ayah) dalam keadaan mengetahui bahwa dia bukan ayahnya, maka surga haram baginya.”