Cari Blog Ini

Usdul Ghabah - 569. Tsabit bin Qais

٥٦٩ – ثَابِتُ بۡنُ قَيۡسٍ
569. Tsabit bin Qais

ب د ع: ثَابِتُ بۡنُ قَيۡسِ بۡنِ شَمَّاسِ بۡنِ زُهَيۡرِ بۡنِ مَالِكِ بۡنِ امۡرِىءِ الۡقَيۡسِ بۡنِ مَالِكٍ، وَهُوَ الۡأَغَرُّ بۡنُ ثَعۡلَبَةَ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ الۡخَزۡرَجِ وَأُمُّهُ امۡرَأَةٌ مِنۡ طَيۡءٍ، يُكۡنَى: أَبَا مُحَمَّدٍ بِابۡنِهِ مُحَمَّدٍ، وَقِيلَ: أَبُو عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ.
Tsabit bin Qais bin Syammas bin Zuhair bin Malik bin Imri`il Qais bin Malik. Malik adalah Al-Agharr bin Tsa’labah bin Ka’b bin Al-Khazraj. Ibu Tsabit adalah seorang wanita dari Thai`. Beliau dipanggil dengan kunyah Abu Muhammad sesuai putranya yang bernama Muhammad. Ada yang berkata: (Panggilannya) Abu ‘Abdurrahman.
وَكَانَ ثَابِتٌ خَطِيبَ الۡأَنۡصَارِ، وَخَطِيبَ النَّبِيِّ ﷺ، كَمَا كَانَ حَسَّانُ شَاعِرَهُ، وَقَدۡ ذَكَرۡنَا ذٰلِكَ قَبۡلُ، وَشَهِدَ أُحُدًا وَمَا بَعۡدَهَا، وَقُتِلَ يَوۡمَ الۡيَمَامَةِ، فِي خِلَافَةِ أَبِي بَكۡرٍ شَهِيدًا.
Tsabit adalah jura khatib Ansar dan juru khatib Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana Hassan dahulu merupakan juru syair beliau. Kami telah menyebutkan hal itu sebelumnya. Beliau mengikuti perang Uhud dan peperangan setelah itu. Beliau terbunuh sebagai syahid di perang Yamamah di masa kekhalifahan Abu Bakr.
أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡفَضۡلِ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ عَبۡدِ الۡقَاهِرِ، أَخۡبَرَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ جَعۡفَرُ بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ الۡحُسَيۡنِ الۡمُقۡرِىءُ، أَخۡبَرَنَا الۡحَسَنُ بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ شَاذَانَ، أَخۡبَرَنَا عُثۡمَانُ بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ السَّمَّاكِ، أَخۡبَرَنَا يَحۡيَى بۡنُ جَعۡفَرِ بۡنِ الزِّبۡرِقَانِ، أَخۡبَرَنَا أَزۡهَرُ بۡنُ سَعۡدٍ، عَنِ ابۡنِ عَوۡنٍ قَالَ: أَنَبۡأَنِي مُوسَى بۡنُ أَنَسٍ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ افۡتَقَدَ ثَابِتَ بۡنَ قَيۡسٍ فَقَالَ: (مَنۡ يَعۡلَمۡ لِي عِلۡمَهُ؟) فَقَالَ رَجُلٌ: أَنَا يَا رَسُولَ اللهِ، فَذَهَبَ فَوَجَدَهُ فِي مَنۡزِلِهِ جَالِسًا مُنَكِّسًا رَأۡسَهُ، فَقَالَ: مَا شَأۡنُكَ؟ قَالَ: شَرٌّ؛ كُنۡتُ أَرۡفَعُ صَوۡتِي فَوۡقَ صَوۡتِ رَسُولِ اللهِ ﷺ فَقَدۡ حَبِطَ عَمَلِي، وَأَنَا مِنۡ أَهۡلِ النَّارِ. فَرَجَعَ إِلَى رَسُولِ اللهِ فَأَعۡلَمَهُ، قَالَ مُوسَى بۡنُ أَنَسٍ: فَرَجَعَ إِلَيۡهِ، وَاللهِ، فِي الۡمَرَّةِ الۡأَخِيرَةِ بِبِشَارَةٍ عَظِيمَةٍ فَقَالَ: (اذۡهَبۡ فَقُلۡ لَهُ: لَسۡتَ مِنۡ أَهۡلِ النَّارِ، وَلَكِنَّكَ مِنۡ أَهۡلِ الۡجَنَّةِ).
Abu Al-Fadhl ‘Abdullah bin Ahmad bin ‘Abdul Qahir telah mengabarkan kepada kami: Abu Muhammad Ja’far bin Ahmad bin Al-Husain Al-Muqri` mengabarkan kepada kami: Al-Hasan bin Ahmad bin Syadzan mengabarkan kepada kami: ‘Utsman bin Ahmad bin As-Sammak mengabarkan kepada kami: Yahya bin Ja’far bin Az-Zibriqan mengabarkan kepada kami: Azhar bin Sa’d mengabarkan kepada kami dari Ibnu ‘Aun. Beliau berkata: Musa bin Anas memberitakan kepada kami dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merasa kehilangan Tsabit bin Qais. Lalu beliau bertanya, “Siapa yang dapat mengabarkan kabarnya kepadaku?” Seseorang menjawab, “Saya, wahai Rasulullah.” Lalu dia pergi lalu mendapatinya berada di tempat tinggalnya sedang duduk dalam keadaan menundukkan kepalanya. Orang itu bertanya, “Bagaimana keadaanmu?” Tsabit menjawab, “Buruk. Suaraku lebih nyaring daripada suara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka amalanku telah terhapus dan aku termasuk penduduk neraka.” Orang tadi kembali kepada Rasulullah lalu memberitahu beliau. Musa bin Anas berkata: Lalu orang itu kembali kepada Tsabit—demi Allah—di saat berikutnya dengan membawa kabar gembira yang besar, Nabi bersabda, “Pergilah dan katakan kepada Tsabit bahwa engkau tidak termasuk penduduk neraka bahkan engkau termasuk penduduk surga.”[1]
أَخۡبَرَنَا عَلِيُّ بۡنُ عُبَيۡدِ اللهِ، وَإِبۡرَاهِيمُ بۡنُ مُحَمَّدٍ وَأَبُو جَعۡفَرٍ بِإِسۡنَادِهِمۡ عَنۡ أَبِي عِيسَى، أَخۡبَرَنَا قُتَيۡبَةُ، أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الۡعَزِيزِ بۡنُ مُحَمَّدٍ عَنۡ سُهَيۡلِ بۡنِ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (نِعۡمَ الرَّجُلُ أَبُو بَكۡرٍ، نِعۡمَ الرَّجُلُ عُمَرُ نِعۡمَ الرَّجُلُ أَبُو عُبَيۡدَةَ، نِعۡمَ الرَّجُلُ أُسَيۡدُ بۡنُ حُضَيۡرٍ، نِعۡمَ الرَّجُلُ ثَابِتُ بۡنُ قَيۡسٍ، نِعۡمَ الرَّجُلُ مُعَاذُ بۡنُ جَبَلٍ، نِعۡمَ الرَّجُلُ مُعَاذُ بۡنُ عَمۡرِو بۡنِ الۡجَمُوحِ).
‘Ali bin ‘Ubaidullah, Ibrahim bin Muhammad, dan Abu Ja’far telah mengabarkan kepada kami dengan sanad mereka dari Abu ‘Isa[2]: Qutaibah mengabarkan kepada kami: ‘Abdul ‘Aziz bin Muhammad mengabarkan kepada kami dari Suhail bin Abu Shalih, dari ayahnya, dari Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik pria adalah Abu Bakr. Sebaik-baik pria adalah ‘Umar. Sebaik-baik pria adalah Abu ‘Ubaidah. Sebaik-baik pria adalah Usaid bin Hudhair. Sebaik-baik pria adalah Tsabit bin Qais. Sebaik-baik pria adalah Mu’adz bin Jabal. Sebaik-baik pria adalah Mu’adz bin ‘Amr bin Al-Jamuh.” 
قَالَ أَنَسُ بۡنُ مَالِكٍ: لَمَّا انۡكَشَفَ النَّاسُ يَوۡمَ الۡيَمَامَةِ قُلۡتُ لِثَابِتِ بۡنِ قَيۡسِ بۡنِ شَمَّاسٍ: أَلَا تَرَى يَا عَمِّ؟ وَوَجَدۡتُهُ يَتَحَنَّطُ فَقَالَ: مَا هَٰكَذَا كُنَّا نُقَاتِلُ مَعَ رَسُول اللهِ ﷺ، بِئۡسَ مَا عَوَّدۡتُمۡ أَقۡرَانَكُمۡ، وَبِئۡسَ مَا عَوَّدَتۡكُمۡ أَنۡفُسُكُمۡ، اللّٰهُمَّ إِنِّي أَبۡرَأُ إِلَيۡكَ مِمَّا جَاءَ بِهِ هَٰؤُلَاءِ، يَعۡنِي: الۡكُفَّارَ، وَأَبۡرَأُ إِلَيۡكَ مِمَّا يَصۡنَعُ هَٰؤُلَاءِ، يَعۡنِي: الۡمُسۡلِمِينَ، ثُمَّ قَاتَلَ حَتَّى قُتِلَ، بَعۡدَ أَنۡ ثَبَتَ هُوَ وَسَالِمُ مَوۡلَى أَبِي حُذَيۡفَةَ؛ فَقَاتِلَا حَتَّى قُتِلَا، وَكَانَ عَلَى ثَابِتٍ دِرۡعٌ لَهُ نَفِيسَةٌ فَمَرَّ بِهِ رَجُلٌ مِنَ الۡمُسۡلِمِينَ فَأَخَذَهَا، فَبَيۡنَمَا رَجُلٌ مِنَ الۡمُسۡلِمِينَ نَائِمٌ أَتَاهُ ثَابِتٌ فِي مَنَامِهِ فَقَالَ لَهُ: إِنِّي أُوصِيكَ بِوَصِيَّةٍ، فَإِيَّاكَ أَنۡ تَقُولَ: هَٰذَا حُلۡمٌ، فَتُضَيِّعُهُ؛ إِنِّي لَمَّا قُتِلۡتُ أَمۡسِ، مَرَّ بِي رَجُلٌ مِنَ الۡمُسۡلِمِينَ فَأَخَذَ دِرۡعِي، وَمَنۡزِلُهُ فِي أَقۡصَى النَّاسِ، وَعِنۡدَ خِبَائِهِ فَرَسٌ يَسۡتَنُّ فِي طِوَلِهِ، وَقَدۡ كَفَأَ عَلَى الدِّرۡعِ بُرۡمَةً وَفَوۡقَ الۡبُرۡمَةِ رَحۡلٌ، فَأۡتِ خَالِدًا، فَمُرۡهُ فَلۡيَبۡعَثَ فَلۡيَأۡخُذَهَا؛ فَإِذَا قَدِمۡتَ الۡمَدِينَةَ عَلَى خَلِيفَةِ رَسُولِ اللهِ ﷺ، يَعۡنِي: أَبَا بَكۡرٍ، فَقُلۡ لَهُ: إِنَّ عَلَيَّ مِنَ الدَّيۡنِ كَذَا وَكَذَا، وَفُلَانٌ مِنۡ رَقِيقِي عَتِيقٌ، وَفُلَانٌ؛ فَاسۡتَيۡقَظَ الرَّجُلُ فَأَتَى خَالِدًا فَأَخۡبَرَهُ، فَبَعَثَ إِلَى الدِّرۡعِ فَأُتِيَ بِهَا عَلَى مَا وَصَفَ، وَحَدَّثَ أَبَا بَكۡرٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ بِرُؤۡيَاهُ، فَأَجَازَ وَصِيَّتَهُ، وَلَا يُعۡلَمُ أَحَدٌ أُجِيزَتۡ وَصِيَّتُهُ بَعۡدَ مَوۡتِهِ سَوَاءً.
Anas bin Malik berkata: Ketika kaum muslimin kalang kabut di hari perang Yamamah, aku berkata kepada Tsabit bin Qais bin Syammas: Tidakkah engkau lihat wahai pamanku? Aku mendapati Tsabit menggunakan hanuth (minyak wangi untuk mayat). Tsabit berkata: Bukan begini kami dahulu berperang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Alangkah buruk yang kalian biasakan kepada musuh-musuh kalian dan alangkah buruk yang diri kalian biasakan kepada kalian. Ya Allah, sesungguhnya berlepas diri kepada-Mu dari apa yang mereka bawa, yakni orang-orang kafir. Dan aku berlepas diri kepada-Mu dari apa yang mereka perbuat, yakni kaum muslimin. Kemudian beliau berperang sampai terbunuh. Setelah sebelumnya beliau dan Salim maula Abu Hudzaifah bertahan pantang mundur, lalu keduanya berperang sampai terbunuh. Ketika itu, Tsabit memakai baju besi yang bagus. Lalu ada seseorang dari kalangan kaum muslimin yang melewatinya kemudian mengambilnya. Lalu, ada seseorang yang lain dari kaum muslimin yang ketika tidur, didatangi oleh Tsabit dalam mimpinya. Tsabit berkata kepadanya: Sesungguhnya aku akan berwasiat kepadamu, maka jangan sampai engkau berkata: Ini hanya mimpi kosong belaka; sehingga engkau mengabaikannya. Sesungguhnya aku ketika terbunuh kemarin, ada seseorang dari kaum muslimin lewat dan mengambil baju besiku. Kediamannya ada di tempat yang paling jauh. Di dekat kemahnya ada seekor kuda yang berjalan mondar-mandir tanpa penunggang di tempat tambatan. Dia meletakkannya di balik periuk dan di atas periuk itu ada sebuah pelana. Datangilah Khalid, suruhlah dia agar mengirim orang untuk mengambilnya. Lalu jika engkau tiba di Madinah dan bertemu khalifah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yakni Abu Bakr, katakan kepada beliau: Sesungguhnya aku (Tsabit) memiliki tanggungan utang ini dan ini dan si Polan dari kalangan budakku merdeka, demikian pula si Polan. Lelaki itu bangun lalu datang kepada Khalid dan mengabarkan kepadanya. Khalid mengutus orang untuk mengambil baju besi itu, lalu baju besi itu ditemukan sesuai yang diceritakan. Lelaki yang bermimpi itu menceritakan kepada Abu Bakr radhiyallahu ‘anhu tentang mimpinya, lalu Abu Bakr melaksanakan wasiatnya. Tidak diketahui ada orang lain seperti Tsabit yang dilaksanakan wasiatnya yang diwasiatkan setelah meninggal.
رَوَى عَنۡهُ: أَنَسُ بۡنُ مَالِكٍ، وَأَوۡلَادُهُ: مُحَمَّدٌ، وَيَحۡيَى، وَعَبۡدُ اللهِ أَوۡلَادُ ثَابِتٍ، وَقُتِلُوا يَوۡمَ الۡحَرَّةِ.
Yang meriwayatkan dari beliau adalah Anas bin Malik. Anak-anak beliau adalah Muhammad, Yahya, dan ‘Abdullah. Anak-anak Tsabit terbunuh pada hari perang Harrah.
أَخۡرَجَهُ الثَّلَاثَةُ.
Biografi beliau disebutkan oleh tiga orang (Ibnu Mandah, Abu Nu’aim, dan Abu ‘Umar).